Share

Pengadilan Tipikor di Daerah Tak Bisa Langsung Dihentikan

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Jum'at 04 November 2011 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 04 339 524972 04V2cTNBRI.jpg Wakil Jaksa Agung Darmono (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Jaksa Agung Darmono, menolak wacana pembubaran pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di daerah untuk menguatkan peran pengadilan Tipikor pusat.

"Tidak bisa serta merta dihentikan. Tapi tentu itu akan dievaluasi. Kecuali kalau ada sebab yang menyebabkan berhenti. Kalau diberhentikan serta merta itu berbeda. Harus tetap mengacu pada aturan,” kata Darmono di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (4/11/2011).

Darmono mengaku, masih menyelidiki penyebab maraknya vonis bebas yang dijatuhkan majelis hakim pengadilan tipikor di daerah kepada terdakwa korupsi.

Apakah tingkat penyidikannya memang kurang matang atau proses persidangan yang kurang mewakili rasa keadilan masyarakat. Atau bisa juga ada perbedaan persepsi antara jaksa dengan hakim menyangkut pemahaman tentang kerugian negara.

Permasalahan-permasalah inilah yang nantinya akan dievaluasi oleh Kejaksaan Agung untuk kemudian melakukan perbaikan di titik-titik yang diduga bermasalah.

Daromono menambahkan, kebutuhan infrastruktur Pengadilan Tipikor di juga masih memerlukan penyempurnaan. Misalnya saja tahanan, tempat persidangan maupun transportasinya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini