Share

Koruptor Harusnya Dihukum 300 Tahun Penjara

Misbahol Munir, Okezone · Minggu 13 November 2011 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 12 339 528655 x43lQ3uDVH.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Politikus Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengaku tidak sepakat dengan usulan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas agar koruptor dihukum mati. Lebih baik kata dia para koruptor dihukum seberat-beratnya.

"Ketimbang hukum mati hukum saja seberat-beratnya seperti 200 sampai 300 tahun. Di beberapa negara juga ada yang menghukum koruptor sampai 300 tahun," kata Didi kepada okezone melalui pesan singkatnya, Sabtu (11/11/2011) malam.

Anggota Komisi III DPR itu menambahkan, jika hukuman mati memiliki risiko tinggi. Pasalnya, apabila tersangka divonis mati, namun dikemudian hari ditemukan bukti bahwa yang bersangkutan tidak bersalah, maka disitulah menurut Didi letak persoalannya.

"Kalau seumpamanya yang sudah divonis lalu ternyata ditemukan bukti dia tidak bersalah, bagaimana kita mengembalikan nyawa yang sudah melayang itu?" tuturnya.

Selain diganjar hukuman kurungan penjara dengan waktu lama, lanjut Didi, koruptor sejatinya juga dimiskinkan.

"Maksimalkan perampasan aset dan buat para koruptor itu miskin. Saya menolak hukuman mati tetapi untuk memerangi korupsi harus dibuat aturan pemidanaan yang maksimal dan juga memiskinkan koruptor," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini