Share

Mantan Penguasa Tunisia Divonis Penjara Seumur Hidup

Fajar Nugraha, Okezone · Kamis 14 Juni 2012 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 14 414 646998 oSlULEeGEB.jpg Mantan Presiden Tunisia Ben Ali (Foto: Reuters)

TUNIS - Pengadilan Tunisi mengeluarkan vonis penjara seumur hidup terhadap mantan Presiden Zine El Abidine Ben Ali. Vonis ini dilakukan secara in absentia, mengingat Ben Ali saat mengungsi keluar Tunisia usai kerusuhan tahun lalu.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) mengajukan hukuman mati terhadap Ben Ali, atas pembunuhan 22 warga sipil di Thala dan Kasserine. Selain Ali, mantan Menteri Dalam Negeri Rafik Belhaj Kacem dan beberapa orang dekat Ali lainnya dijatuhkan hukuman penjara 15 tahun.

"Kami berusaha menjatuhkan vonis yang adil dan tidak ada seorang pun yang menekan kami," ujar Hakim Chokri Mejri, seperti dikutip AFP, Kamis (14/6/2012).

Namun tidak seluruhnya puas dengan keputusan hakim tersebut. Beberapa keluarga yang tewas dalam kekerasan pemerintah dalam upayanya membubarkan protes anti-pemerintah 2010 lalu, marah besar ketika mengetahui ada 10 pejabat lain yang dibebaskan oleh pihak pengadilan.

Beberapa orang seperti Kepala Pengawal Presiden Ali Seriati dan mantan Kepala Polisi anti-huru hara Tunisa Moncef Laajami, dianggap paling bersalah dalam kerusuhan berdarah itu. Keluarga korban pun meneriakan kata balas dendam karena geram dengan keputusan itu.

Kerusuhan di Tunisia terjadi saat seorang penjual sayur yang melakukan aksi bakar diri karena dilarang berjualan oleh pasukan pemerintah. Aksinya tersebut memicu revolusi di beberapa negara Arab. 

Ben Ali yang berkuasa hampir selama dua dekade lebih, akhirnya lengser dan melarikan diri dari negaranya. Dikabarkan, Ben Ali kini berada di Arab Saudi dan mendapatkan perlindungan dari Keluarga Kerajaan Arab Saudi.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini