Share

Petugas Main HP, SPBU Nyaris Terbakar di Medan

Akbar Dongoran, Okezone · Senin 30 September 2013 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 30 340 874154 6sItb8TxNc.jpg Ilustrasi

MEDAN - Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel, kamera, atau alat-alat elektronik lain saat berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan itu. Pasalnya listrik statis yang distimulus dari alat elektronik dapat memicu kebakaran yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Seperti yang terjadi di SPBU Jalan Mandala By Pass Medan siang tadi. Akibat salah seorang petugas bermain ponsel di sekitar areal SPBU, api sempat muncul dan nyaris menimbulkan ledakan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Peristiwa itu bermula saat jam istirahat, dan salah seorang petugas SPBU yang tak mau menyebutkan namanya sedang bermain ponsel di ruangan kantor SPBU, yang bersebelahan dengan tanki penimbunan BBM.

Tanpa sadar, ponsel yang digunakan menstimulasi munculnya api hingga membakar bagian atas penutup tangki, yang beberapa saat sebelumnya baru saja diisi BBM.

Petugas yang bermain ponsel itu pun sempat panik saat api mulai membesar. Namun akibat kesigapan rekan-rekannya sesama petugas SPBU, api dapat dipadamkan menggunakan hydrant.

"Biasa nya kami main handphone di kantor ini. Kalau di dekat pompa memang kami enggak berani. Tiba-tiba api muncul dan membakar spanduk-spanduk yang berada dekat tanki penyimpanan. Mungkin karena tadi baru diisi tankinya. Jadi masih ada yang menguap," ucapnya di lokasi, Senin (30/9/2013).

Peristiwa itu sempat menghebohkan warga di sekitar SPBU. Mirna salah satu pedagang warung kopi, langsung bergegas meninggalkan warungnya begitu melihat api membesar di sekitar tanki penyimpanan.

"Langsung lari karena takut meledak. Orang yang lewat pun langsung lari. Untung aja ada petugas yang berani dan langsung nyemprotnya hydrant. Kalau sampai meledak, kan ngeri juga," tukasnya.

Dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Namun petugas yang tengah bermain ponsel mengalami luka bakar ringan di sekitar tangannya. SPBU tersebut pun sempat ditutup beberapa menit, untuk memastikan api benar-benar padam.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini