Ahok Belajar Giant Sea Wall dari Korsel & Belanda

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Selasa 16 September 2014 10:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 16 500 1039704 u7tny4HHVI.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memanfaatkan kunjungannya ke Korea Selatan sebagai persiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dengan meninjau Giant Sea Wall (GSW) atau tanggul raksasa yang ada di sana.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, hal tersebut sebagai salah satu upaya Pemprov DKI untuk dapat mengetahui seluk beluk bangunan GSW yang akan didirikan di sepanjang pantai utara Jakarta.

"Sebenarnya kita mau tanda tangan untuk Asian Games, terus ada waktu tunggu ke pembukaan. Dari pada waktunya kosong lebih baik kita lihat ke sana soal GSW," ujar Ahok, di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Korea Selatan, kata Ahok, menggunakan proyek tersebut untuk mereklamasi pantai dengan tujuan pertanian. Hal itu pun akan ditirunya saat membangun GWS di Ibu Kota. "Jadi memang reklamasi itu dipakai untuk argo (pertanian). Kita mau terapkan itu di Jakarta," lanjutnya.

Selain itu Pemprov DKI Jakarta juga belajar dari negara Belanda yang telah melakukan reklamasi sejak lama lantaran negara kincir angin itu daratannya berada di bawah garis laut. "Ini mau diskusi sama kelompok training dari Belanda juga," pungkasnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini