Bahrain Gelar Pemilu Tanpa Kelompok Syiah

Ferry Ardiansyah, Okezone · Sabtu 22 November 2014 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 22 18 1069331 bahrain-gelar-pemilu-tanpa-kelompok-syiah-wgQQyYxAz3.jpg Bahrain Gelar Pemilu Tanpa Kelompok Syiah (Foto:Al Jazeera)

AL-MANAMA – Bahrain hari ini menggelar pemilu untuk memilih anggota parlemen pertamanya sejak tahun 2011.

Namun, pemilu kali ini dibayangi boikot oleh kelompok oposisi yang dipimpin oleh kaum Syiah. Syiah menganggap pemilu kali ini tidak akan memberikan manfaat apapun bagi Bahrain.

Mereka juga menginginkan agar sistem pemerintahan di negeri itu diubah, hal ini disebabkan jabatan Perdana Menteri Bahrain selalu dijabat oleh keluarga kerajaan.

Sementara itu, Pemerintah Bahrain berjanji akan bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang menginginkan pemilu gagal.

“Pemerintah tidak akan menolerir pihak-pihak yang ingin berbuat keribuatan pada pemilu ini, kami akan bertindak tegas,”ujar Menteri Informasi Bahrain, Samira Rajab, seperti dilansir Al Jazeera, Sabtu (22/11/2014).

Sehari sebelum pelaksanaan pemilu, terjadi aksi demonstrasi yang dilakukan ratusan kaum Syiah di jalan-jalan Bahrain. Mereka menyerukan agar rakyat Bahrain untuk memboikot pelaksanaan pemilu.

Bahrain adalah Negara yang dipimpin oleh Dinasti Sunni yang berkuasa sejak 1783. Namun, mayoritas penduduk Bahrain adalah penganut Syiah.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini