Modus Wakil Bupati Cirebon Tilep Dana Bansos

Tri Ispranoto, Okezone · Jum'at 12 Juni 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 12 525 1164247 modus-wakil-bupati-cirebon-tilep-dana-bansos-lA27qezw95.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BANDUNGWakil Bupati (Wabup) Cirebon, Tasiya Soemadi Al Gotas, kemarin resmi menjadi tahanan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan ditahan di Rutan Kebonwaru dalam dugaan korupsi dana Bansos anggaran 2009-2012.

Kasipenkum Kejati Jabar, Suparman, menjelaskan, dalam kasus ini Al Gotas ditetapkan sebagai tersangka saat dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cirebon.

“Total pemberian dana hibah atau bansosnya Rp29 miliar. Dari jumlah tersebut ditemukan kerugian negara sampai Rp1 miliar lebih," terangnya kepada wartawan, Kamis, 11 Juni kemarin.

Disinggung soal modus, Suparman, menjelaskan, dalam kasus ini Al Gotas mengajukan proposan fiktif agar bisa menerima dana hibah.

Suparman mengatakan, dalam kasus ini pun Al Gotas ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya, yakni Wakil Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Emon Purnomo, dan ketua PAC PDIP Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, Subekti Sunoto.

“Saat itu dia (Al Gotas) masih menjadi Ketua DPRD yang mengetuk palu pencairan dana. Dalam hal ini penyidik menemukan kejanggalan karena proposal yang diajukan fiktif dan tidak bisa dipertanggung jawabkan,” katanya.

Terpisah, kuasa hukum Al Gotas, Rafael Situmorang, mengaku jika kliennya telah siap menjelani perisdangan dengan didampingi oleh 12 orang kuasa hukum. Soal kasus, pihaknya tak berkomentar banyak. “Kita lihat saja di persidangan,” tukasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini