Kelompok Anti-Islam Gelar Pameran Karikatur Nabi di Inggris

Pamela Sarnia, Okezone · Sabtu 04 Juli 2015 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 04 18 1176304 kelompok-anti-islam-gelar-pameran-karikatur-nabi-di-inggris-I2k5vNB3zi.jpg Geert Wilders (Foto: Al Jazeera)

LONDON - Sejumlah organisasi Islam di Inggris mengutuk rencana kelompok anti-Islam yang ingin mengadakan pameran karikatur Nabi Muhammad. Acara tersebut akan diselenggarakan di London, Inggris, pada September mendatang.

Ketua Forum Keselamatan Islam yang bermarkas di London, Azad Ali, rencana acara "Muhammad Cartoon Exhibit" oleh kelompok Sharia Watch asal Inggris merupakan upaya untuk mengejek tingkat toleransi umat Muslim di Inggirs. Ali menilai, tindakan tersebut sebagai cara murahan untuk menciptakan disharmonisasi di Inggris.

"Mereka terus mencoba melewati batas, menguji tingkat tolerasi, dan selalu meningkatkan taruhan mereka. Tujuan mereka jelas, yaitu untuk memancing reaksi umat Muslim dan mencari pembenaran untuk mengutuk kami," kata Ali, kepada Al Jazeera, Sabtu (4/7/2015).

Pameran tersebut akan mengundang politikus anti-Islam asal Belanda, Geerd Wilder. Politikus kontroversial itu akan hadir sebagai pembicara.

Menurut Asisten Sekretaris Jendral Dewan Muslim Inggris, Miqdaad Versi, rencana tersebut menunjukkan Islamofobia menjadi lumrah di tengah masyarakat Inggris.

"Hal ini (Islamofobia) menjadi populer dan diterima. Tindakan ini membuka kesempatan bagi pandangan-pandangan yang lebih ekstrem untuk muncul ke permukaan," ujar Versi.

Pada 2006, demonstrasi mencuat di negara Arab dan Asia Selatan akibat publikasi karikatur Nabi Muhammad oleh surat kabar Denmark Jyllands-Posten. Karikatur serupa dipublikasikan oleh majalah satir Prancis, Charlie Hebdo, yang mendorong terjadinya serangan berdarah ke kantor majalah tersebut pada Januari 2011. Pada Mei 2015, dua pria bersenjata menyerang pameran karikatur Nabi Muhammad di Texas, Amerika Serikat.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini