nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahan Radioaktif Dicuri, Lima Negara Bagian Meksiko Waspada

Ahmad Taufik , Jurnalis · Selasa 01 Maret 2016 19:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 01 18 1325086 bahan-radioaktif-dicuri-lima-negara-bagian-meksiko-waspada-wPMQcihii5.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

QUERTERARO – Kementerian Dalam Negeri Meksiko mengeluarkan peringatan untuk lima negara bagian di Meksiko agar selalu waspada. Peringatan ini muncul setelah sebuah truk berisi bahan radioaktif iridium-192 dicuri dari sebuah perusahaan di pusat Kota Queretaro.

Bahan radioaktif tersebut dapat membahayakan masyarakat dan mengakibatkan luka bakar serta radiasi pada orang yang berhubungan dengan benda tersebut. Bahkan apabila benda ini diletakkan di luar kontainer dapat merusak kesehatan.

Sebagaimana dikutip dari Independent, Selasa (1/3/2016), pencurian truk dan bahan radioaktif milik perusahaan Industrial Maintenance Centre tidak hanya membahayakan Kota Queretaro, tapi juga Kota Hidalgo, Guanajuato, San Luis Potosi, serta Michoacan.

Pihak berwenang menyampaikan bahwa siapa pun yang menemukan bahan radioaktif tersebut harus memberi tahu pejabat terkait secepatnya dan menghindarinya dalam radius 30 meter.

Pencurian bahan radioaktif merupakan hal biasa di Meksiko. Ini merupakan pencurian ke empat kalinya semenjak 2013.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini