Tangkal Islamophobia, Presiden Jerman Buka Puasa Bersama Warga Muslim

Emirald Julio, Okezone · Selasa 14 Juni 2016 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 14 18 1414447 tangkal-islamophobia-presiden-jerman-buka-puasa-bersama-warga-muslim-Ms3lINQB20.jpg Presiden Jerman menghadiri buka bersama dengan warga Muslim di Berlin (Foto: Press TV)

BERLIN – Demi menangkal islamophobia, pada Senin 13 Juni 2016 Presiden Jerman Joachim Gauck mengadakan buka bersama dengan warga muslim di Berlin.

Jerman saat ini mengalami permasalahan internal negara akibat penolakan dari banyak warganya karena meningkatnya imigran yang masuk ke negara tersebut.

Sebab, lebih dari satu juta imigran yang didominasi oleh warga Muslim ini masuk ke Jerman pada tahun lalu dan hal ini menyebabkan munculnya gerakan antiimigrasi. Gerakan antiimigrasi inilah yang memulai memunculkan isu islamophobia sehingga menyebabkan banyak sikap antipati dari warga Jerman terhadap para pemeluk agama Islam.

Demi menentang hal tersebut, Gauck yang juga seorang mantan pastur Lutheran dari Jerman Timur, bergabung dengan para warga Muslim yang berada di Distrik Moabit untuk berbuka puasa bersama.

“Mendorong pertemuan sangatlah penting di waktu ketika ketidakpercayaan sedang menyebar,” tutur Gauck, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (14/6/2016). Ia juga mengatakan bahwa warga Jerman merasa gelisah pasca-serangan di Paris dan Brussels.

“Dan bagi beberapa pihak, ketakutan terhadap terorisme (yang mengatasnamakan) Islam telah berubah menjadi ketakutan terhadap warga Muslim. Semua yang merayakan iftar bersama pada hari ini dapat membuktikan hidup bersama (harmonis) adalah hal yang memungkinkan,” ujar Gauck.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini