nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi, Otoritas Meksiko Temukan Terowongan Rahasia ke AS

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 29 18 1475893 lagi-otoritas-meksiko-temukan-terowongan-rahasia-ke-as-wtlTwj5OTw.jpg Perbatasan Meksiko dengan AS di Sonora (Foto: Alfredo Estrella/AFP)

MEXICO CITY – Otoritas Meksiko berhasil menemukan terowongan rahasia dari Negara Bagian Sonora menuju Negara Bagian Arizona di Amerika Serikat (AS). Terowongan tersebut ditemukan saat Kepolisian Meksiko menyelidiki pipa drainase yang melintasi perbatasan kedua negara.

Polisi curiga dengan perbedaan permukaan pipa tersebut di suatu titik. Setelah menyingkirkan sejumlah material, polisi berhasil menemukan penggalian rahasia hampir sepanjang 1,5 meter di wilayah Meksiko dan 30 meter di wilayah AS.

“Setengah bagian terowongan itu disanggah dengan balok kayu dan sisanya ditutupi kerikil serta bebatuan. Tampaknya itu adalah sisa-sisa pembangunan terowongan tanpa adanya jalan keluar di permukaan tanah,” ujar Komisi Keamanan Nasional Meksiko, seperti dimuat AFP, Senin (29/8/2016).

Baik Otoritas AS maupun Meksiko di perbatasan sama-sama menemukan terowongan rahasia seperti itu secara berkala. Mereka menduga terowongan tersebut digunakan oleh sindikat narkoba atau imigran ilegal yang mencoba menyeberang ke Negeri Paman Sam.

Pada April 2015, otoritas AS berhasil menemukan terowongan yang hingga kini diklaim terpanjang yang pernah ditemukan. Terowongan sepanjang 800 meter tersebut digunakan untuk memasukkan narkoba ilegal dari Meksiko. Terowongan itu berasal dari Tijuana, Meksiko menuju Otay Mesa, Amerika Serikat.

(Baca juga: Polisi Meksiko Temukan Terowongan Rahasia)

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini