nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Breaking: Korut Tembakkan Tiga Rudal Balistik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 05 September 2016 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 05 18 1481404 breaking-korut-tembakkan-tiga-rudal-balistik-zMZTQKu6fj.jpg Rudal balistik Korut yang ditembakkan beberapa waktu lalu (Foto: AFP)

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) kembali melanjutkan aksi provokasi mereka. Kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap menyebut tiga buah rudal balistik ditembakkan oleh Korut ke arah Laut Timur. Tiga rudal balistik itu ditembakkan usai pemimpin-pemimpin dunia dalam KTT G-20 di Hangzhou, China membahas ancaman potensial dari Pyongyang.

Sepanjang 2016, sudah 10 rudal balistik yang diuji coba oleh Korut. Pada penghujung Agustus, militer Korut menembakkan rudal balistik dari kapal selam di Laut Timur. Rudal ditembakkan hanya sehari setelah Amerika Serikat (AS) dan Korsel melakukan latihan militer bersama.

Seperti dimuat Russia Today, Senin (5/9/2016), Korut menembakkan tiga buah rudalnya dari Hwangju, Provinsi Hwanghae Utara sekira pukul 12.14 waktu setempat. Jenis rudal yang ditembakkan dan jarak tempuh rudal tersebut belum dapat diketahui.

Uji coba rudal berlangsung hanya beberapa jam setelah Presiden Korsel Park Geun-hye dan Presiden China Xi Jinping membahas penempatan sistem anti-misil THAAD (Terminal High Altitude Area Defense). Xi memprotes penempatan THAAD yang dianggap akan membahayakan negaranya. Sementara Park menegaskan THAAD tidak dimaksudkan untuk mengancam negara mana pun.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini