Pengacara Tersangka Teror Paris Mengundurkan Diri

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 12 Oktober 2016 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 18 1512778 pengacara-tersangka-teror-paris-mengundurkan-diri-Kh5tmCcEeV.jpg Tersangka teror Paris Salah Abdeslam (Foto: Reuters)

PARIS โ€“ Dua pengacara tersangka teror Paris, Salah Abdeslam, memilih untuk mengundurkan diri. Sebab, pria asal Belgia itu memilih tetap bungkam seribu bahasa selama penyelidikan dan persidangan sejak ditangkap pada Maret 2016.

Kedua pengacara tersebut adalah Frank Berton asal Prancis dan Sven Mary asal Belgia. Keduanya mengaku frustrasi dengan bungkamnya sang klien. Diakuinya, setiap kunjungan ke penjara untuk mendampingi Salah Abdeslam tak ubahnya seperti sebuah kunjungan sosial.

(Frank Berton. Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters)

โ€œKami berdua memutuskan untuk berhenti mewakilinya. Kami pikir Salah Abdeslam tidak akan mau berbicara dan tetap menggunakan haknya untuk diam. Kami sudah bilang sejak awal jika klien tetap bungkam, kami berhenti,โ€ ujar Frank Berton, seperti dimuat Sky News, Rabu (12/10/2016).

โ€œKetika Anda mempunyai perasaan bahwa yang Anda lakukan adalah seperti kunjungan sosial ke penjara, maka itu adalah momen di mana Anda harus mengambil keputusan,โ€ timpal Sven Mary.

(Sven Mary. Foto: Yves Herman/Reuters)

Salah Abdeslam menolak untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pihak penyidik sejak dipindahkan ke Prancis dari Belgia pada April 2016. Pria berusia 26 tahun itu diduga kesal karena diawasi oleh kamera selama 24 jam di dalam sel tahanan dengan penjagaan maksimal.

Pihak penyidik yakin, pria kelahiran Brussels itu melarikan diri dengan mobilnya hanya beberapa jam setelah teror Paris yang menewaskan lebih dari 130 orang itu bersama kedua temannya. Salah Abdeslam kabur selama empat bulan sebelum ditangkap di kampung halamannya. Penangkapan Abdeslam terjadi beberapa hari sebelum tragedi bom Brussels yang menewaskan 30 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini