Survei Terbaru: Italia, Prancis dan Swedia Berpeluang Ikuti Brexit

Silviana Dharma, Okezone · Rabu 30 November 2016 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 30 18 1554814 survei-terbaru-italia-prancis-dan-swedia-berpeluang-ikuti-brexit-9DnrYo1HYc.jpg Ilustrasi. {Brexit}. (Foto: iStock)

FENOMENA Brexit atau Britain Exit, keluarnya Inggris dari Uni Eropa, menjadi masalah yang begitu pelik sepanjang satu tahun ini. Dampaknya tidak hanya terasa oleh Negeri Ratu Elizabeth sendiri, tetapi juga kepada negara-negara anggota UE lainnya dan para sekutu.

Sejumlah jajak pendapat dibuat untuk semakin meramaikan kampanye yang dipelopori ketua interim UKIP Nigel Farage, PM Inggris Theresa May dan Menlu Inggris Boris Johnson ini. Bahkan setelah hasil referendum diumumkan pada 23 Juni 2016, polling untuk memprediksi efek dominonya tetap ada.

Berdasarkan ulasan Independent, Rabu (30/11/2016), survei terbaru menunjukkan Italia, Prancis dan Swedia berpeluang besar mengikuti jejak Inggris keluar dari Uni Eropa. Jajak pendapat tersebut dirilis oleh YouGov pekan ini.

Menurut YouGov, banyak pihak sebelumnya menduga Yunani akan menjadi negara pertama di Benua Biru yang dengan sukarela mundur dari keanggotaannya. Akan tetapi, negara yang pernah memaksa Inggris dan kawan-kawan merogoh kocek dalam untuk membantu kebangkrutannya itu ternyata tidak berniat sama sekali untuk melakukan itu.

Survei terbaru YouGov mengambil respondennya dari kalangan 12 negara anggota Uni Eropa. Sekira 13 ribu orang dewasa berpartisipasi dalam penelitian kuantitatif ini. Ketika ditanya apakah mereka akan memilih tetap tinggal atau pergi dari UE, 45% warga Britania Raya memutuskan keluar dari organisasi kerjasama se-Eropa itu. Sementara 43 persennya memilih tetap bergabung di UE. Sisanya tidak tahu.

Selain Inggris, tiga negara yang berpeluang besar melepaskan keanggotaannya di UE adalah Italia dengan 33% suara, Swedia dengan 31% suara, demikian juga Prancis. Meski begitu, dari segi statistik, sebagian besar responden dari ketiga negara tersebut memilih tetap berada dalam UE. Remain Italia mendapat dukungan dari 47% responden, Swedia dengan 48% persen responden dan Prancis 44% responden.

Pertanyaan selanjutnya diganti. Apakah mereka percaya kalau negara lain akan ada yang menemani Inggris berdiri di luar lingkaran? Lebih dari 50 persen responden dalam 10 negara menjawab ya. Anggota parlemen Inggris di UE yang paling percaya diri bahwa mereka tidak akan sendirian. Setidaknya dalam waktu 10 tahun dari sekarang, mereka yakin ada minimal satu negara yang akan membuat keputusan yang sama.

Namun ketika pertanyaan dibalik, apakah mereka percaya kalau negaranya lah yang akan angkat kaki dari UE setelah Negeri Tiga Singa, kebanyakan tidak yakin. Hanya Belanda (27%), Italia (23%), Polandia (22%) dan Romania (22%) yang menunjukkan skor tertinggi bahwa mereka yakin negaranya akan menyusul Brexit.

Pada jajak pendapat April 2016, negara yang diprediksi kuat akan mengikuti jejak Brexit, ialah Denmark, Ceko dan Polandia. Namun Denmark belakangan menyatakan akan bersikap keras pada sahabatnya, Inggris, dalam negosiasi ini. Ceko hingga sekarang belum banyak bicara. Sementara Polandia berkomitmen untuk setia kawan.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini