Komite Inaugurasi Rilis Agenda Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Kamis 22 Desember 2016 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 18 1573026 komite-inaugurasi-rilis-agenda-pelantikan-donald-trump-sebagai-presiden-as-yj0JhN9Jbk.jpg Presiden terpilih AS Donald Trump dan Wapres Terpilih AS Mike Pence. (Foto: AP)

WASHINGTON - Komite Inaugurasi Presiden (PIC) Amerika Serikat merilis agenda final untuk prosesi pelantikan Donald Trump sebagai presiden Amerika. Trump akan disumpah menjadi presiden ke-45 AS pada 20 Januari 2017.

"Perayaan inaugurasi presiden AS pada 2017 akan menggambarkan tekad Presiden terpilih Donald Trump untuk bekerja dan mewujudkan Amerika yang lebih aman dan kuat," ujar Ketua Komite Inaugurasi Presiden AS, Tom Barrack, seperti dilansir IB Times, Kamis (22/12/2016).

Masa inaugurasi akan dimulai pada 19 Januari 2017. Presiden terpilih AS Donald Trump dan wakil presiden terpilih AS Mike Pence dijadwalkan meletakkan karangan bunga di Taman Pemakaman Nasional Arlington. Kegiatan ini akan diikuti konser penyambutan keduanya di Monumen Lincoln Memorial.

 

Pekerja konstruksi menyiapkan Gedung Kongres AS, Capitol, sebagai tempat pelantikan Donald Trump dan Mike Pence sebagai presiden dan wakil presiden AS. (Foto: Reuters)

Trump dan Pence akan disumpah pada 20 Januari 2017 di Gedung Kongres AS, Capitol Building. Mereka lalu akan mengikuti Parade Inaugurasi di Pennsylvania Avenue. Menurut Politico, pasangan presiden dan wakil presiden yang baru tersebut juga akan mengikuti pesta dansa inaugurasi setelah resmi dilantik.

Perayaan inaugurasi presiden AS akan berakhir pada 21 Januari 2017. Trump dan Pence dijadwalkan menghadiri misa nasional diWashington National Cathedral.

"Prosesi inaugurasi akan mengusung pesan kampanye Presiden terpilih Donald Trump, 'Membuat Amerika Hebat Lagi'," demikian pernyataan Komite Inaugurasi Presiden AS.

Rangkaian kegiatan ini juga amat mungkin diselingi aksi protes berbagai kelompok masyarakat. Hingga kini, dua organisasi telah mengantongi izin berunjuk rasa pada 21 Januari 2017 yaitu Bikers for Trump sebagai pendukung Trump, dan kubu oposisi, Women's March di Washington.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini