Image

KPK Periksa 3 Eks Dandim dan 6 Mantan Kapolres Terkait TPPU Wali Kota Madiun

Putera Negara, Jurnalis · Senin, 20 Maret 2017 - 20:18 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA - Demi mengusut kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Wali Kota Madiun Bambang Irianto. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang mantan Komandan Distrik Militer dan enam eks Kapolres Madiun saat Bambang Irianto menjabat sebagai Wali Kota.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan dalam proses penyidikan kasus TPPU, dimulai pada tanggal 16-18 Maret 2017 di Madiun, penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak yang berasal dari unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) pada saat Bambang Irianto menjabat sebagai Wali Kota.

"Kamis di Markas Brimob di Sidoarjo, Jawa Timur kami lakukan pemeriksaan terhadap dua orang mantan Dandim Kota Madiun. Pada Jumat penyidik juga lakukan pemeriksaaan ditempat yang sama terhadap satu orang mantan Dandim Madiun dan enam orang mantan Kapolres saat BI menjabat," kata Febri saat gelar jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Tak hanya itu, lebih dalam Febri mengungkapkan pemeriksaan dilanjutkan di Kantor Polres Kota Madiun terhadap Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Madiun, dan Mantan Ketua Pengadilan Negeri Madiun.

"Jadi mereka yang diperiksa dalam rentan waktu tiga hari ini unsur Muspida saat Bambang menjabat," ujar Febri.

Dalam penyidikan tersebut, Febri menyatakan penyidik melakukan klarifikasi lebih lanjut terkait informasi yang didapatkan salah satunya tentang adanya indikasi aliran dana sejumlah pihak. Dan pemeriksaan ini dilakukan dalam proses penyidikan indikasi TPPU Bambang Irianto.

Dalam kasus ini, dikatakan Febri, lembaganya melakukan tiga penyidikan mulai dari dugaan korupsi pembangunan Pasar Besar Kota Madiun pada 2009-2012 dengan nilai proyek sebesar Rp 76,5 miliar.

Kedua yaitu dugaan penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya, atau berlawanan dengan tugasnya sebagai wali kota Madiun periode 2009-2014 dan 2014-2019. Dan kasus TPPU yang dilakukan oleh Bambang Irianto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming