Image

Muladi Berharap Pemerintah Tegas Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin, 20 Maret 2017 - 23:02 WIB
Ilustrasi (Dok.Okezone) Ilustrasi (Dok.Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Muladi bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Dalam pertemuan bersama Wiranto itu, ia membahas berbagai masalah kasus pelanggaran HAM pada masa lalu. ‎Menurut Muladi, pemerintah harus tegas dalam menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM di Tanah Air.

"Sekarang ini perlu ketegasan pemerintah. Kalau tidak memenuhi syarat untuk masuk kriteria pidana, jawab saja‎," kata Muladi.

Muladi menjelaskan, pembahasan kasus pelanggaran HAM bersama Menko Polhukam Wiranto lantaran adanya pertanyaan dari Ombudsman yang meminta perkembangan penanganan kasus HAM masa lalu.‎ Pasalnya, ia menilai, pemerintah saat ini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan tersebut.

"Kalau tidak diteruskan pengadilan, DPR tidak rekomendasi, Presiden tak keluarkan Keppres, tak bisa diadili. Dasar pengdilan ad hoc harus ada Keppres atas usulan DPR," terangnya.

Muladi menyebutkan, sedikitnya ada sekira 8 hingga 9 kasus yang dibahas seperti kasus 65, Talangsari, kasus Mei 1998 yang dipandang butuh ketegasan dari pemerintah. Ia berharap, pemerintah memberikan ketegasan dalam menyelesaikan kasus-kasus tersebut agar tidak mengambang.

Selain itu, Muladi mengaku‎ tidak setuju apabila kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu diselesaikan secara non yudisial. Sebab, kasus pelanggaran HAM masih bisa ditangani secara yuridis berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan Komnas HAM dan Kejaksaan Agung.

"Misalnya deponerring atau alasan untuk kepentingan umum, harus berdasarkan alasan beruyidis. Alat bukti cukup, misalnya. Atau (adanya) alasan lain," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Pengadilan HAM
Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming