Image

Swedia Hentikan Penyelidikan Kasus Pemerkosaan yang Menyeret Pendiri Wikileaks

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 05:03 WIB
Swedia akhirnya memutuskan untuk mengakhiri penyelidikan kasus pemerkosaan yang menyeret Julian Assange (Foto: Reuters) Swedia akhirnya memutuskan untuk mengakhiri penyelidikan kasus pemerkosaan yang menyeret Julian Assange (Foto: Reuters)

STOCKHOLM – Otoritas Swedia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan kasus pemerkosaan yang menyeret pendiri Wikileaks, Julian Assange. Dengan penghentian penyelidikan ini maka kejaksaan Swedia juga akan mencabut surat penahanan Assange.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Sabtu (20/5/2017) keputusan itu langsung dikeluarkan oleh Direktur Jaksa Penuntut Umum Swedia, Marianne Ny. Ny dilaporkan sudah mengajukan permohonan kepada Pengadilan Distrik Stockholm untuk mencabut surat penahanan sang pendiri situs Wikileaks tersebut.

Assange sebenarnya dijatuhi empat tuduhan kejahatan seks. Namun tiga di antara tuduhan tersebut mengacu pada undang-undang pembatasan hukum Swedia, sudah kadaluwarsa pada 2015. Sedangkan kasus pemerkosaan yang baru dicabut tersebut memiliki kadaluwarsa pada 2020.

Assange berulang kali membantah keras semua tuduhan tersebut. Akibat tuduhan tersebuut Ia ditangkap pada 2010 dan sempat akan diekstradisi ke Swedia. Namun ia menolak untuk ditangkap mengingat Swedia tidak pernah secara resmi mendakwa Assange. Ia selama ini tinggal di bawah perlindungan Ekuador yang memberikan Assange suaka politik pada 2012.

Assange mengklaim tudingan-tudingan yang diarahkan kepadanya sengaja dibuat agar dapat mengekstradisinya ke Amerika Serikat di mana ia diburu untuk diinterogasi terkait rilisnya berbagai informasi rahasia di Wikileaks pada 2010.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming