Mantap! Perusahaan Eksplorasi AS Tawarkan Bantuan Pencarian MH370 Tanpa Memungut Biaya

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 03 Agustus 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 02 18 1748770 mantap-perusahaan-eksplorasi-as-tawarkan-bantuan-pencarian-mh370-tanpa-memungut-biaya-vE3lrpseo5.jpg Salah satu keluarga korban pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014 (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Operasi pencarian terhadap pesawat maskapai Malaysia Airlines MH370 secara resmi dihentikan pada Januari 2017. Tak pelak, keputusan tersebut menyisakan kekecewaan mendalam di relung keluarga korban pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014.

BACA JUGA: Setelah Tiga Tahun Tanpa Hasil, Pencarian MH370 Dihentikan 

Akan tetapi, harapan baru bergulir setelah sebuah perusahaan eksplorasi bawah laut Amerika Serikat (AS) menyatakan siap menghidupkan kembali operasi pencarian. Kabar tersebut diungkapkan seorang pengacara asal Malaysia, Grace Nathan.

Perempuan yang kehilangan ibunya di pesawat berjenis Boeing 777 itu menuturkan, perusahaan AS Ocean Infinity siap meneruskan pencarian tanpa memungut biaya. Diwartakan Reuters, Kamis (3/8/2017), Ocean Infinity bahkan hanya ingin diberi hadiah jika berhasil menemukan bangkai pesawat.

Wakil Menteri Perhubungan Malaysia, Aziz Kaprawi, mengonfirmasi adanya tawaran dari Ocean Infinity. Akan tetapi, ia menerangkan bahwa otoritas terkait belum memutuskan apakah tawaran tersebut diterima atau ditolak.

BACA JUGA: Hilangnya MH370, Tragedi dengan Sejumlah Misteri

Sebagaimana diberitakan, pesawat Malaysia Airlines MH370 dengan tujuan Beijing, China, menghilang tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Burung besi tersebut menghilang bersama dengan 239 orang di dalam kabin hingga hari ini.

Analisa radar penerbangan dan kontak satelit memperlihatkan, seseorang di pesawat secara sengaja mematikan transponder sebelum mengalihkan burung besi itu menuju Samudera Hindia. Sejumlah spekulasi turut mengiringi misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

BACA JUGA: Pilot MH370 Latihan Terbang Bunuh Diri, Sebelum Hilang Misterius 

Sebuah dokumen mengungkapkan, pilot utama pesawat tersebut, Kapten Zaharie Ahmad Shah sempat berlatih menerjunkan pesawatnya ke Samudera Hindia. Teori itu diperkuat dengan jejak yang tersisa pada serpihan sayap yang ditemukan. Berdasarkan analisa, MH370 sengaja diterbangkan seseorang menuju ke laut.

BACA JUGA: Serpihan Sayap Tunjukkan MH370 Sengaja Diterbangkan ke Laut 

Operasi pencarian gabungan yang dilakukan otoritas Australia, Malaysia, dan China, tidak membuahkan hasil berarti. Padahal, dana yang dihabiskan untuk pencarian sudah mencapai 120,27 juta poundsterling (setara Rp2,1 triliun).

Keputusan menghentikan operasi pencarian disambut kecewa oleh Voice370, kelompok dukungan keluarga korban MH370. Mereka terus berupaya merayu otoritas terkait demi menemukan sanak saudara mereka yang sudah hilang selama lebih dari tiga tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini