Di Hadapan Ribuan WNI di Singapura Presiden Jokowi Gagal Pahami 'Kode' Ibu Iriana

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 08 September 2017 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 08 18 1771959 di-hadapan-ribuan-wni-di-singapura-presiden-jokowi-gagal-pahami-kode-ibu-iriana-DAv9xWIh1P.jpg Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberi isyarat dengan tangan kepada Presiden Joko Widodo (membelakangi kamera). (Foto: YouTube Kementerian Sekretariat Negara)

SINGAPURA - Sore itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyampaikan sambutan pada acara Temu Kangen dengan Masyarakat Indonesia di Singapura. Dengan gaya khasnya, orang nomor satu di Indonesia itu dengan santai sesekali menyelipkan guyonan hingga membuat suasana cair. Namun, berbeda halnya dengan sang Ibu Negara. Duduk di panggung, di belakang kiri Jokowi, Iriana nampak gelisah. Wajahnya cemas.

Ternyata, ia melihat bahwa rambut sang suami sedikit berantakan. Dalam video yang diunggah Kementerian Sekretariat Negara RI terlihat, Iriana berkali-kali mencoba memberi tahu Jokowi perihal rambutnya. Namun Jokowi begitu asyik dengan pidatonya.

 Begini Antusiasme Warga Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Singapura

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut ribuan WNI di Singapura, Rabu (6/9/2017). (Foto: Reuters)

Iriana menemukan 2 kesempatan saat Jokowi menoleh ke belakang untuk berinteraksi dengan Dubes Indonesia di Singapura, Ngurah Swajaya. Pertama, Jokowi bertanya ke Dubes Ngurah tentang jumlah penduduk Singapura.

"Singapura berapa Pak Dubes, penduduk?" kata Jokowi.

Ibu Negara yang duduk di samping Dubes Ngurah pun sontak memberikan 'kode' kepada Jokowi. Iriana menggerakkan tangan ke kening, seperti tengah merapikan rambut.

Upaya pertama gagal. Jokowi tidak menyadari kode dari sang istri. Ia kembali menghadap ke ribuan WNI yang menghadiri acara tersebut.

"Singapura 3,5 juta (penduduk), Indonesia 250 juta," imbuh Jokowi, nyaris tenggelam dengan keriuhan tepuk tangan para WNI yang hadir di KBRI Singapura pada Rabu 6 September tersebut.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam acara Temu Kangen dengan ribuan WNI di Singapura, Rabu (6/9/2017). (Foto: dok. Istana Kepresidenan)

Peluang berikutnya datang. Jokowi kembali menengok ke belakang untuk bertanya ke Dubes Ngurah.

"Saya enggak tahu di Singapura ada berapa suku ya, Pak?" tanya Jokowi.

Sekali lagi, Iriana memberi kode agar Jokowi membereskan rambutnya yang berantakan. Ia memajukan badan dan mengangkat jari menunjuk rambut sang suami.

Ternyata, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih tidak peka dengan kode istrinya. Tanpa beban, Jokowi kembali melanjutkan pidatonya.

"(Singapura) ada empat (suku), bayangkan, kita 714," tutur Jokowi.

 

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam acara Temu Kangen dengan ribuan WNI di Singapura, Rabu (6/9/2017). (Foto: dok. Istana Kepresidenan)

Gemas, Iriana lalu memanggil seorang petugas pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Pria tegap yang dipanggil pun dengan sigap memberikan secarik kertas kuning kepada bosnya yang masih asyik berbicara di depan mikrofon. Meski menerimanya, Jokowi tidak memerhatikan kertas pesan tersebut. Ia terus melanjutkan pidato.

Pantang menyerah, Iriana menulis sendiri di secarik kertas. Ia kembali memanggil petugas tersebut agar memberikan pesannya untuk Jokowi. Sang Paspampres langsung menghampiri Jokowi, lalu berbisik.

Akhirnya, hanya dengan satu kibasan tangan, Jokowi pun merapikan rambutnya.

"Dibisikin, tadi, 'Pak rambutnya dibetulkan'," ungkap Jokowi. Sontak gelak tawa pecah mendengar pengakuan sang presiden.

Presiden Jokowi dibisiki salah satu anggota Paspampres dalam acara temu kangen dengan WNI di Singapura, Rabu (6/9/2017). (Foto: Dok. Kementerian Sekretariat Negara RI)

Kelucuan ini bisa dilihat di video yang di-posting Kementerian Sekretariat Negara RI dalam akun YouTube mereka, tepatnya mulai menit ke 2:07 hingga 7:48.

Sumber: Kementerian Sekretariat Negara RI

Reaksi Jenaka dari Netizen

Uniknya momen Presiden Jokowi gagal paham kode dari Ibu Iriana langsung memenuhi lini masa media sosial. Potongan video peristiwa tersebut dengan segera menjadi viral dan mendapat reaksi jenaka dari para netizen. Bahkan anak kedua Jokowi, Kaesang Pangarep, yang tengah menempuh studi di Singapura, juga mengomentari momen tersebut.

"Gak pinjem pomade saya sih," tulis Kaesang di akun twitter @kaesangp.

Tweet Kaesang pun dibanjiri komentar para Tweeps.

@parmabar menulis, "Presidenku jg lelaki biasa, yg gk peka kode wanita."

@tinaasianipar menulis, "Kasus Perempuan kode-kode dan lelaki gapaham, Lvl: Bapak Ibu Negara"

@NoviarnidaNovi menulis, "Padahal susah payah dikode ibu dan di kasih tulisan melalui Paspampres tetep aj jujur bilang rambut sy disuruh benerin duh jujur banget"

@WuMeili13 menulis, "Mas Kaesang, beliin dong poamed biat bapak.... Salam cinta saya buat ibu Iriana dan Bapak Jokowi yaa..sehat selalu, penuh berkah."

Sementara itu, @sushantisuhadi penasaran dengan kalimat yang dibisiki sang paspampres. "Kira2 apa kalimatnya yg dibisikin ibu lewat ajudan??" tulisnya.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini