nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengejutkan! Ahli Kimia Sebut Racun VX Ditemukan di Pakaian Siti Aisyah

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 05 18 1789300 mengejutkan-ahli-kimia-sebut-racun-vx-ditemukan-di-pakaian-siti-aisyah-JE7XqrHZ8R.jpg Foto Kim Jong-nam, Siti Aisyah dan Doan Thi Huong (Foto: AP/ITV)

SHAH ALAM – Ahli kimia menyatakan bahwa ia menemukan jejak racun VX di pakaian Siti Aisyah serta Doan Thi Huong. Ahli kimia itu merupakan saksi ahli yang dihadirkan dalam persidangan pembunuhan Kim Jong-nam yang diadakan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, pada Kamis 5 Oktober 2017.

Sebagaimana dikutip dari The Washington Post, Kamis (5/10/2017) ahli kimia Pemerintah Malaysia, Raja Subramaniam, mengatakan bahwa ia menemukan cairan asam VX yang menjadi sisa dari racun VX di T-shirt tanpa lengan milik Siti. Pengakuan ini merupakan bukti pertama yang mengaitkan keberadaan racun VX dengan Siti dan Doan.

Baca jugaFakta Baru, Kim Jong-nam Dibunuh karena Berhubungan dengan Intelijen AS

Baca juga: Kesaksian Ahli Medis, Kakak Tiri Kim Jong-un Muntah Darah Usai Diracun

Pengakuan saksi sebelumnya juga sudah menjelaskan bahwa racun VX ditemukan di jenazah Kim Jong-nam serta barang milik kakak tiri Kim Jong-un itu. Racun yang disebut sebagai senjata pemusnah massal itu pun diidentifikasi sebagai penyebab tewasnya Kim Jong-nam.

Raja Subramaniam menambahkan, ia juga menemukan keberadaan racun VX dalam bentuk murni di sweter milik Doan. Sweter yang dimaksud adalah baju lengan panjang yang bertuliskan LOL di depannya yang Doan gunakan ketika terekam di CCTV bandara usai membunuh Kim Jong-nam.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un, Ini Pengakuan WNI Siti Aisyah di Pengadilan!

Baca jugaTerbongkar! Cara Mengerikan Kim Jong-un Bunuh Kakak Tirinya untuk Menakuti Dunia

Ahli kimia itu menjelaskan, terdapat sisa racun VX di potongan kuku Doan. Raja Subramaniam menambahkan, VX akan mengalami degradasi ketika bereaksi dengan air dan meninggalkan sisa-sisa dalam bentuk cairan asam. Selain itu VX dapat sepenuhnya didekontaminasi dari tangan dengan cara dicuci serta digosok.

Pengacara Doan dan Siti sebelumnya sudah menjelaskan bahwa ia khawatir keduanya saat ini menjadi “kambing hitam”. Pasalnya, pihak-pihak yang justru dipandang bertanggung jawab telah melarikan diri dari Malaysia. Pihak yang dimaksud di sini adalah empat warga Korea Utara yang juga menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam.

ITV mewartakan, pengacara Siti, Goi Soon Seng mengklaim bahwa kliennya tidak mengetahui ia memegang racun ketika mengoles wajah Kim Jong-nam dengan cairan yang ada di tangannya. Siti disebut menegaskan bahwa ia justru sebagai korban dalam rencana pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un itu.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini