Image

Terkait Reklamasi, Sudirman Said: Anies-Sandi Akan Lakukan Kajian Komprehensif

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 338 1794745 terkait-reklamasi-sudirman-said-anies-sandi-akan-lakukan-kajian-komprehensif-W3FRI2Un2q.jpg Sudirman Said, Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan resmi mencabut moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno dipastikan akan melakukan langkah komprehensif terkait reklamasi.

Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said menjelaskan telah ada rekomendasi untuk melakukan kajian secara komperhensif.

"Reklamasi kita direkomendasinya jelas ada kajian secara lebih konperhensif terhadap yang sudah dikerjakan baik secara fisik maupun dokumentasi," ujar Sudirman Said, di Jalan Tirtayasa II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).

Mantan Menteri ESDM itu menambahkan, nantinya akan mengkaji seperti aspek hukum, lingkungan, ekonomi hingga pemanfaatan publik. Namun, ia menyatakan dirinya tidak bisa menjelaskan langkah dan menyimpulkan apa saja yang diambil, agar nantinya Anies-Sandi lah yang akan menentukan pertimbangan proyek reklamasi ini.

"Tidak mungkin menyimpulkan sekarang, biar sampai Pak Anies dan Sandi duduk sebagai pemimpin Jakarta. Karena kan mesti dilihat betul apa yang terjadi di dalamnya," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan juga tidak ingin berkomentar terkait moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

"Nanti soal itu semuanya setelah saya bertugas. Saya enggak mau ikut menilai, saya mau siap-siap dulu tanggal 16," kata Anies.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini