Share

Kawasan Eropa Utara Dilanda Badai, 6 Tewas dan Sebuah Kapal Barang Kandas

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Senin 30 Oktober 2017 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 30 18 1804826 kawasan-eropa-utara-dilanda-badai-6-tewas-dan-sebuah-kapal-barang-kandas-KZKxDgzyOf.jpg Badai melanda Eropa utara. (Foto: EPA)

BERLIN/PRAGUE - Badai dan angin kencang melanda sebagian wilayah Eropa Utara dan menyebabkan sedikitnya 6 orang tewas. Keenam korban tewas diketahui berasal dari Jerman, Polandia dan Republik Ceko. Empat korban di antaranya yang berasal dari Polandia dan Ceko meninggal karena tertimpa pohon tumbang.

Kecepatan angin diketahui mencapai kecepatan maksimal 180 kilometer (km) per jam di Republik Ceko terutama di Snezka, wilayah pegunungan tertinggi di negara itu dengan ketinggan 1.602 meter. Selain menyebabkan korban tewas, badai juga membuat sebuah kapal barang di Jerman tenggelam saat berlayar di Laut Utara.

Sebagaimana dilansir Strait Times, Senin (30/10/2017), ribuan orang di Polandia dan Ceko terpaksa mengungsi akibat badai. Bencana alam tersebut juga mematikan transportasi umum khususnya kereta api di sebagian wilayah utara Jerman. Keberangkatan kereta ditunda dalam waktu yang tidak ditentukan akibat adanya kerusakan parah dampak badai dan banyaknya pohon tumbang di sekitar jalur rel.

Dua korban meninggal di Jerman, salah satunya merupakan pria berusia 63 tahun yang tenggelam di dekat tempat perkemahan akibat hantaman badai. Korban tewas yang kedua merupakan seorang perempuan yang tengah perahu motornya terbalik di Negara Bagian Mecklenburg-Vorpommern.

Sementara itu, kapal barang yang kandas diketahui sebagai kapal The Glory Amsterdam yang memiliki panjang 225 meter. Otoritas Jerman menyatakan, kapal itu diduga kandas akibat adanya kebocoran minyak. Ketika insiden terjadi, kapal diketahui tidak membawa myatan apapun, tapi memiliki 1.800 ton minyak berat dan 140 diesel laut di atas kapal sebagai bahan bakar cadangan.

Beruntung seluruh awak kapal yang berjumlah 22 orang berhasil selamat. Badai yang melanda Jerman juga menyebabkan ribuan wisatawan terjebak dan terdampar karena akses kereta ke kota-kota besar seperti Bremen, Hamburg, Berlin, Hanover dan Kiel dihentikan.

Di praha, sebuah kebun binatang terpaksa ditutup untuk umum. Namun, aktivitas bandara tetap berjalan lancar. Angin di Polandia telah merusak jalur pipa di terminal gas alam cair di pelabuhan Swinoujscie. Berdasarkan keterangan otoritas berwenang badai hanya menyebabkan kebocoran kecil.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini