Image

Jelang KTT ASEAN di Manila, Menlu Retno Imbau Negara Asia Tenggara Dapat Lindungi Rakyatnya

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 12 18 1812675 jelang-ktt-asean-di-manila-menlu-retno-imbau-negara-asia-tenggara-dapat-lindungi-rakyatnya-brSblzkRxr.jpg Menlu Retno Marsudi, Menko Polhukam Wiranto, dan perwakilan negara lainnya di APSC. (Foto: Twitter Kementerian Luar Negeri RI)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, menghadiri pertemuan ASEAN Political Security Community (APSC) di Manila, Filipina. Pertemuan itu diadakan untuk membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2017 yang akan digelar pada 12-14 November.

“Awali persiapan rangkaian KTT ASEAN 2017, Menlu Retno hadiri pertemuan ASEAN Political Security Community (APSC) bersama Menko Polhukam,” tulis pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di akun Twitter resminya, Minggu (12/11/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menegaskan situasi di Rakhine State, Myanmar, yang membutuhkan komitmen dan aksi konkret ASEAN. Hal ini, menurut Retno, menjadi tes bagi penghormatan kepada ASEAN Charter.

“ASEAN harus dapat melindungi rakyatnya dan mengatasi isu yang berkembang di kawasan,” ujar Menlu Retno.

BACA JUGA: Temui Sekjen PBB di KTT ASEAN, Presiden Jokowi Akan Bahas Palestina

Menlu Retno memang terus berupaya membantu mengatasi dan menyelesaikan konflik yang menimpa warga Rohingya di Rakhine State. Tak hanya berdiplomasi langsung dengan pemimpin Myanmar, pemerintah Indonesia juga terus-menerus mengirimkan bantuan kepada warga Rohingya yang saat ini mengungsi di Bangladesh karena adanya konflik tersebut.

Upaya yang dilakukan Menlu Retno pun mendapat apresiasi dari negara-negara lain, termasuk pemerintah Myanmar sendiri.

“Dalam pertemuan yang sama, Myanmar menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas bantuan kemanusiaan dan dukungan untuk mencari penyelesaian masalah Rakhine State,” tutur pihak Kemlu RI.

BACA JUGA: Ditargetkan Keluarkan 55 Dokumen, KTT Ke-31 ASEAN Juga Bahas Konvensi Hak Migran Besutan Indonesia

Pemimpin dari berbagai negara memang akan berkumpul di Manila, Filipina, untuk menghadiri KTT ASEAN. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), turut hadir dalam acara tersebut.

Ia direncanakan melakukan sejumlah pertemuan bilateral di sela pelaksanaan KTT ASEAN. Berdasarkan keterangan Kemlu RI, Jokowi dijadwalkan menghadiri setidaknya tiga pertemuan bilateral, yakni dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Gutteres; Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe; dan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacida Ardeyn.

KTT ASEAN kali ini akan membahas beberapa topik utama, termasuk proses untuk ASEAN Community Vision 2025 serta sejumlah isu regional dan internasional. Menurut Direktur Kerjasama Politik dan Keamanan ASEAN, Chandra Widya Yudha, konsolidasi community building ASEAN akan menjadi fokus utama yang diperbincangkan dalam pertemuan tersebut. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini