Usai Bicara dengan Presiden, PM Lebanon Saad Hariri Tunda Pengunduran Dirinya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 22 November 2017 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 22 18 1818668 usai-bicara-dengan-presiden-pm-lebanon-saad-hariri-tunda-pengunduran-dirinya-dCXi3JQs1s.jpg PM Lebanon, Saad Hariri. (Foto: AFP)

BEIRUT – Perdana Menteri (PM) Lebanon Saad Hariri menyatakan menunda pengunduran dirinya, dua pekan setelah dia mengejutkan negaranya dengan secara tiba-tiba menyatakan meletakkan jabatannya di tengah kunjungan ke Arab Saudi. Hariri mengatakan, dirinya menerima permintaan dari Presiden Michel Aoun untuk menunda pengunduran diri guna membahas lebih banyak mengenai alasannya mengambil langkah tersebut.

BACA JUGA: Pasca-Dua Minggu Pidato Pengunduran Diri, PM Hariri Akhirnya Menginjakkan Kaki di Lebanon

Hariri mengumumkan pengunduran dirinya pada 4 November saat berada di Arab Saudi dan mengatakan nyawanya berada dalam bahaya. Pernyataan itu menimbulkan spekulasi yang menduga Hariri tengah disandera oleh Arab Saudi dan melakukan tindakan itu karena ada paksaan dari Riyadh.

Dia akhirnya kembali ke Lebanon pada Selasa, 21 November, di mana dia langsung mengunjungi makam ayahnya, mantan PM Rafiq Hariri yang terbunuh dalam serangan bom pada 2005. CNN, Rabu (22/11/2017) mewartakan, Hariri sempat hadir dalam parade militer memperingati Hari Kemerdekaan Lebanon sebelum bertemu dengan Presiden Michel Aoun pada Rabu.

BACA JUGA: Penuh Momen Mencurigakan, Wawancara PM Lebanon Kuatkan Spekulasi Keterlibatan Saudi

Krisis politik yang terjadi di Lebanon pasca-pengunduran diri Hariri telah memicu kekhawatiran akan konflik antara faksi pemerintah yang didukung Saudi dengan kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini