Image

Khofifah Maju di Pilgub Jatim, Wapres JK: Saya Yakin Beliau Mundur dari Mensos

Reni Lestari, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 337 1826127 khofifah-maju-di-pilgub-jatim-wapres-jk-saya-yakin-beliau-mundur-dari-mensos-R0mZG1B7Si.jpg Wapres JK.

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa harus fokus di kegiatan politiknya jika sudah mantap maju ke Pilgub Jawa Timur 2018. JK yakin Khofifah akan segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri.

"Kalau Ibu Khofifah nanti sudah betul-betul menjadi cagub otomatis harus fokus di Jawa Timur. Saya yakin beliau akan melepaskan jabataannya (mundur)," kata JK di kantornya, Rabu (6/12/2017).

Wapres JK meyakini mundur dari jabatan menteri di tengah rencana maju sebagai calon kepala daerah adalah keputusan terbaik, karena setiap menteri diwajibkan untuk fokus pada tanggungjawabnya.

(Baca juga: Soal Khofifah, Istana: Di UU Pilkada Tak Diatur Menteri Nyagub Harus Mundur)

"Semua menteri harus fokus kepada pekerjaannya, karena itu tugasnya," lanjut dia.

Pilgub Jatim, Golkar Usung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak

Sebelumnya diberitakan, Khofifah sudah mengirim surat pemberitahuan akan maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Timur 2018, ditujukan kepada Kementerian Sekretariat Negara. Sementara ini belum ada sikap pasti apakah Khofifah akan mundur sebagai menteri atau hanya mengambil cuti selama menjalani masa kampanye dan pemilihan.

(Baca juga: Khofifah Maju di Pilgub Jatim, Mensos Baru Harus Punya Jiwa Sosial Tinggi)

Opsi untuk cuti tersebut muncul lantaran belum ada aturan perundang-undangan yang mengatur seorag menteri yang maju sebagai calon kepala daerah.

Khofifah maju ke Pilgub Jatim 2018 menggandeng Bupati Trenggalek Emil Dardak. Keduanya sudah mengantongi surat rekomendasi dari Partai Demokrat dan Partai Golkar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini