Image

Jokowi Kecam Pengakuan Sepihak Amerika Serikat ‎Soal Status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826597 jokowi-kecam-pengakuan-sepihak-amerika-serikat-8206-soal-status-yerusalem-sebagai-ibu-kota-israel-h8OawDakux.jpeg Presiden Indonesia Joko Widodo mengecam keras pengakuan sepihak AS soal Yerusalem Ibu Kota Israel (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memberikan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Pemerintah Indonesia meminta Negeri Paman Sam mempertimbangkan keputusan tersebut.

BACA JUGA: Pemerintah AS Resmi Umumkan Status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel 

"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Kepala Negara mengatakan, pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB, di mana AS merupakan anggota tetapnya. "Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia," tegas Jokowi.

BACA JUGA: Besok, DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Status Yerusalem

Jokowi menegaskan, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia tetap konsisten dan terus bersama dengan perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah UUD 1945.

BACA JUGA: Dukung Palestina, Menlu Retno Kenakan Syal Buatan Janda di Gaza

Ia mengungkapkan, beberapa hari ini pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Komunikasi ini dijalin agar OKI segera mengadakan sidang khusus membahas pengakuan sepihak ini.

"Dan, meminta PBB untuk segera bersidang dan menyikapi pengakuan sepihak AS," ujar dia.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini