Image

Peluk Abbas, Raja Yordania Nyatakan Dukungan bagi Palestina

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 14:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 18 1827324 peluk-abbas-raja-yordania-nyatakan-dukungan-bagi-palestina-tzK2qyRch3.JPG Raja Abdullah dari Yordania memeluk erat Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas (Foto: Khalil Mazraawi/Reuters)

AMMAN – Raja Abdullah II dari Yordania menyampaikan dukungan penuh terhadap Presiden Otoritas Palestina (PLO) Mahmoud Abbas saat berkunjung ke Amman. Sang raja bahkan menyambut kedatangan Abbas dengan pelukan hangat sebelum mengajaknya masuk untuk berbincang.

Dalam pertemuan tersebut, Raja Abdullah menyoroti pentingnya peningkatan upaya dari dunia Arab, umat Islam, dan komunitas internasioal untuk mengawal hak-hak warga Palestina, suku Arab, dan Muslim di Yerusalem. Sebab, hal tersebut adalah kunci mencapai perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Melansir dari Xinhua, Jumat (8/12/2017), Abbas menyampaikan bahaya-bahaya yang akan dihadapi Yerusalem usai pengumuman pemerintah Amerika Serikat (AS). Ia yakin keputusan AS itu membahayakan proses perdamaian antara Israel dengan Palestina sekaligus stabilitas kawasan serta dunia.

BACA JUGA: Pemerintah AS Resmi Umumkan Status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Sebagaimana diberitakan, pemerintah AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel yang sah. Pengumuman tersebut langsung mendapatkan reaksi negatif karena dianggap dapat mengganggu stabilitas kawasan Timur Tengah dan juga dunia.

Mahmoud Abbas langsung meminta digelarnya rapat darurat Komite Inti Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) demi menciptakan kesatuan posisi nasional serta menetapkan opsi-opsi yang akan diambil terhadap langkah Amerika Serikat.

Sementara itu, Yordania dijadwalkan menjadi tuan rumah pertemuan menteri-menteri luar negeri Liga Arab pada Sabtu 9 Desember di Amman. Pertemuan digelar untuk koordinasi pandangan negara-negara dunia Arab dan Islam terkait keputusan Donald Trump.

Yordania memiliki hubungan baik dengan Palestina dan Presiden Mahmoud Abbas. Selain itu, Yordania juga diangkat sebagai pelindung dari situs suci umat Islam di Yerusalem berdasarkan resolusi PBB.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini