Image

Demo Kedubes AS, Semangat Massa Berkobar di Bawah Terik Matahari

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 08 338 1827326 demo-kedubes-as-semangat-massa-berkobar-di-bawah-terik-matahari-gwog9mSKbu.jpg Demo di Kedubes AS, Jakarta Pusat sebagai kecaman terkait Yerusalem jadi ibu kota Israel (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Teriknya matahari tak mengendurkan semangat massa aksi mengecam sikap pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengakui sepihak Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Bahkan, AS akan memindahkan ibukotanya ke kota tersebut.

Aksi massa digelar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017) menamakan diri Al Aqso Working Group. Sepanjang aksi, mereka terus melantunkan salawat. Kebanyakan dari mereka terlihat mengenakan baju berwarna putih yang dipadukan dengan peci warna senada.

Peserta aksi itu tak hanya diikuti oleh lelaki, kaum hawa pun ikut menghadiri aksi simpatik tersebut. Sementara arus lalu lintas dari arah Monas menuju Gambir masih terpantau lancar, begitu pula sebaliknya.

(Baca Juga: Kenakan Syal Palestina, Anies Kecam Pemerintah AS soal Yerusalem)

Berbagai macam spanduk yang di antaranya bertuliskan 'Usir Dubes Amerika Dari Indonesia' serta 'Trumph Is Enemy of Humanity' dipampang oleh massa aksi.

Ustadz Miftah Firadel mengatakan, aksi tersebut menandakan bahwa umat Islam di Indonesia berada di belakang rakyat Palestina. Selain itu, sebagai bentuk kecaman atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah AS.

"Kami hadir di sini ingin mengingatkan kepada umat Islam bahwa kita solidaritas kepada Palestina," ujarnya di lokasi.

Seperti diketahui, pemerintah AS berencana memindahkan ibu kota Israel dari Tel Aviv menuju Yerusalem. Pengumuman tersebut merupakan bagian dari langkah untuk memenuhi janji kampanye Trump.

(Baca Juga: Kedubes AS di Jakarta Didemo Terkait Yerusalem, Polda Metro Siapkan Pengamanan)

Selain berencana untuk memindahkan ibu kota, pemerintah AS juga berniat untuk memindahkan Kantor Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Alhasil, dunia mengecam kebijakan tersebut, termasuk Indonesia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini