Koalisi Reuni Dicolek Parpol Pendukung Ridwan Kamil agar Tak Main Isu SARA

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 06:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 28 525 1836695 koalisi-reuni-dicolek-parpol-pendukung-ridwan-kamil-agar-tak-main-isu-sara-u9UD8hJR9B.JPG Anggota Dewan Pakar Nasdem Teuku Taufiqulhadi (Foto: DPR.go.id)

JAKARTA - Anggota Dewan Pakar DPP Nasdem Teuku Taufiqulhadi mengingatkan PKS, PAN dan Gerindra yang kemudian disebut koalisi reuni Pilkada DKI agar tak menggunakan isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Menurut Taufiqulhadi, selama tidak menggunakan isu SARA maka koalisi reuni itu bukan ancaman bagi Nasdem, PPP dan PKB yang telah bulat bersama-sama mendukung Ridwan Kamil alias Kang Emil di Pilgub Jabar.

"Tidak apa-apa (mereka berkoalisi), itu kan bagian usaha, asal jangan semua cara dilakukan," kata Taufiqulhadi saat berbincang-bincang dengan Okezone, Kamis (27/12/2017).

(Baca Juga: Dedi Mulyadi Sebut Golkar-Demokrat sebagai Koalisi Sejajar)

Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan, isu SARA harus dihindari oleh semua pihak baik para kandidat, pendukung maupun partai-partai pengusung karena akan mencederai nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Tanpa menggunakan isu SARA ia yakin dapat memenangkan Kang Emil sebagian gubernur Jabar.

"Kalau Nasdem tidak akan menggunakan isu tersebut, karena itu adalah bukan isu yang cukup baik dalam rangka kita memberikan pendidikan politik terhadap rakyat misalnya mengangkat isu agama dan sebagainya," tuturnya.

Taufiqulhadi akan mengapresiasi koalisi yang digagas PKS, PAN dan Gerindra itu apabila nantinya tidak menggunakan isu-isu SARA. Dengan demikian, berarti tiga partai tersebut sudah mulai dewasa dalam berpolitik.

"Tapi, kalau misalnya dia tidak mengangkat isu agama ya itu adalah baik berarti koalisi tersebut adalah koalisi yang berkemajuan tidak lagi mempergunakan isu-isu agama," pungkasnya.

(Baca Juga: Usung Sudrajat-Syaikhu di Pilgub Jabar, PKS Sudah Komunikasi ke Deddy Mizwar)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini