Perusahaan AS Kerahkan Kapal Cari Bangkai Pesawat Malaysia Airlines MH370

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 04 Januari 2018 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 18 1839726 perusahaan-as-kerahkan-kapal-cari-bangkai-pesawat-malaysia-airlines-mh370-mleDUaLhNT.JPG Ocean Infinity berharap dapat menemukan bangkai pesawat MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014 (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Perusahaan eksplorasi bawah laut asal Amerika Serikat (AS), Ocean Infinity, mengerahkan sebuah kapal menuju area pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014. Mereka berharap bangkai pesawat nahas itu bisa ditemukan.

BACA JUGA: Setelah Tiga Tahun Tanpa Hasil, Pencarian MH370 Dihentikan 

Ocean Infinity berharap dapat diberikan kontrak untuk melanjutkan pencarian dalam waktu dekat. Untuk pencarian kali ini, Ocean Infinity tidak akan mendapatkan bayaran. Namun, mereka akan meraup jutaan dolar AS jika berhasil menemukan bangkai pesawat.

“Ocean Infinity amat berharap mendapatkan hadiah berupa kontrak untuk melanjutkan pencarian MH370 dalam beberapa hari mendatang,” tukas juru bicara Ocean Infinity, mengutip dari BBC, Kamis (4/1/2018).

BACA JUGA: Mantap! Perusahaan Eksplorasi AS Tawarkan Bantuan Pencarian MH370 Tanpa Memungut Biaya

Perusahaan itu meminjam sebuah kapal pencarian milik Norwegia untuk menjalankan misinya. Menurut laporan media, kapal itu membawa sejumlah kapal selam kecil mandiri yang diharapkan mampu mencari lebih cepat dibandingkan operasi pencarian terakhir yang dilakukan oleh tim gabungan dari tiga negara.

“Dengan jendela cuaca yang relatif sempit, kami mengerahkan kapal, Seabed Constructor, menuju sekitar zona pencarian. Langkah ini dirancang untuk menghemat waktu jika hadiah kontrak diumumkan, yang tentu sangat kami harapkan,” sambung pernyataan sang juru bicara.

Di tempat terpisah, Wakil Menteri Perhubungan Malaysia, Aziz Kaprawi menerangkan, negosiasi dengan Ocean Infinity sudah mencapai tahap akhir. Pemerintah Malaysia, menurut Aziz, sangat serius memperhatikan tawaran dari perusahaan tersebut.

BACA JUGA: Hilangnya MH370, Tragedi dengan Sejumlah Misteri 

Sebagaimana diberitakan, pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang dari radar tidak lama setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China. Burung besi tersebut hilang bersama dengan 239 orang yang berada di dalam kabin.

Puing Pesawat Diduga Milik MH370

(Puing Pesawat Diduga Milik MH370. Foto: Reuters)

Pesawat diperkirakan berbelok arah hingga jatuh ke perairan Samudera Hindia. Operasi pencarian lantas dilakukan oleh tim gabungan dari Australia, Malaysia, dan China, di area seluas 120 ribu kilometer persegi. Namun, operasi yang sudah menelan biaya hingga 120 juta poundsterling itu dihentikan pada Januari 2017 karena dianggap tidak menunjukkan progres signifikan.

BACA JUGA: Malaysia Tertarik Tawaran Kelanjutan Pencarian MH370 Tanpa Biaya

Ocean Infinity sendiri sudah mengajukan tawaran untuk melanjutkan pencarian sejak Agustus 2017. Mereka hanya ingin diberi hadiah berupa kontrak jika berhasil menemukan badan pesawat. Pemerintah Malaysia sendiri hanya akan melanjutkan pencarian apabila ada petunjuk yang jelas mengenai kemungkinan lokasi bangkai pesawat MH370.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini