Image

Surat Fraksi Golkar Belum Masuk. DPR Tunda Rapat Calon Pengganti Setnov

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 13:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 337 1841671 surat-fraksi-golkar-belum-masuk-dpr-tunda-rapat-calon-pengganti-setnov-bePTOyVuu8.jpg Gedung DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto mengungkapkan hingga saat ini belum ada surat dari fraksi Partai Golkar terkait usulan nama calon Ketua DPR untuk menggantikan Setya Novanto.

Menurut Agus sejatinya pimpinan DPR akan menggelar rapat pergantian posisi Setya Novanto sebagai ketua DPR hari ini. Namun, lantaran belum masuknya surat dari Fraksi Partai Golkar, pimpinan DPR menunda rapat tersebut.

"Sedianya hari ini sebenarnya kita mau rapim jam 11, tentunya dengan catatan usulan dari Fraksi Golkar itu sudah masuk. Tapi sampai tadi pagi itu belum masuk, sehingga rapimnya ditunda," kata Agus di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

 (Baca Juga: Pimpinan DPR Akan Cek Kembali Surat Pergantian Setya Novanto)

Agus menuturkan pembahasan pergantian ketua DPR paling cepat dilakukan setelah sidang paripurna pembukaan masa sidang digelar pada Selasa 9 Januari 2018.

"Jadi cuma ini hanya mundur waktunya saja. Jadi semuanya prinsip, semuanya tata cara sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga kita masih menunggu usulan dari Fraksi Golkar," kata Agus.

Meski belum ada usulan nama pemgganti dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar itu memastikan tak akan menggangu pembukaan sidang paripurna besok.

"Tidak-tidak, tidak ada maslaah, pembukaan tetap berjalan seperti biasanya, karena kan pimpinan dewan itu yang penting pada paripurna besok minimal dua orang pimpinan harus ada," tuturnya.

Agus berharap Fraksi Golkar segera menyerahkan nama pengganti Novanto sehingga pimpinan dewan bisa segera menggelar rapat dan selanjutnya dirapatkan pada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Yang jelas pada saat besok, begitu usulan pengganti pak Setya Novanto diusulkan dari Fraksi Golkar. Kita melaksanakan rapat pimpinan, kemudian rapat Bamus, di situ diputuskan hal-hal apa yang harus dilaksanakan," pungkas Agus.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini