Image

Paripurna DPR Setuju Laporan Akhir dan Rekomendasi Pansus Angket KPK

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 13:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 14 337 1859416 paripurna-dpr-setuju-laporan-akhir-dan-rekomendasi-pansus-angket-kpk-OYWGjHkCcj.jpg Suasana rapat anggota DPR RI (Foto: Bayu/Okezone)

JAKARTA - Rekomendasi Panitia Angket DPR RI tentang Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disetujui dalam rapat paripurna DPR, Rabu (14/2/2018).

Laporan ini disetujui setelah Ketua Pansus Angket Agun Gunandjar Sudarsa membacakan laporan akhir beserta rekomendasi Panitia Khusus Hak Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi.

Agun memaparkan Pansus telah menyelesaikan laporan dan merekomendasikan perbaikan KPK di empat aspek yakni aspek kelembagaan, kewenangan, tata kelola SDM, dan juga aspek anggaran.

"Rekomendasi ini agar ditindaklanjuti oleh KPK serta lembaga penegak hukum lainnya yang terkait sesuai dengan kewenangan masing-masing," ujar Agun di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (14/2/2018).

Dalam salah satu rekomendasinya di aspek kelembagaan, Pansus Angket merekomendasikan agar KPK membentuk lembaga pengawas independen untuk KPK. Padahal, sebelumnya Pansus Angket telah memutuskan untuk tak memasukkan rekomendasi ini dalam laporan akhirnya.

"Kepada KPK disarankan melalui mekanisme yang diatur sendiri oleh KPK membentuk lembaga pengawas independen yang beranggotakan dari unsur internal KPK dan eksternal yang berasal dari tokoh-tokoh yang berintegritas dalam kerangka terciptanya check and balances" papar Agun.

Dalam aspek kelembagaan lain, Pansus meminta agar KPK menyempurnakan struktur organisasi KPK sesuai dengan diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang meliputi koordinasi, supervisi, penindakan, pencegahan, dan monitoring.

Pansus juga menyoroti struktur organisasi di KPK yang dinilai terdapat ketidaksetaraan karena menempatkan tugas koordinasi dan supervisi hanya pada level unit kerja di bawah Deputi bidang Penindakan dan tugas monitoring di level direktorat.

"Sementara tugas pencegahan dan penindakan berada di level Deputi. Kemudian penempatan pengawasan internal di bawah Deputi juga kurang tepat karena akan menjadi subordinat," jelasnya.

Selian itu, KPK juga kata Agun, diminta untuk meningkatkan kerja sama dengan lembaga penegak hukum serta lembaga lainnya demi optimalnya pemberantasan korupsi.

"Seperti BPK, LPSK, PPATK, Komnas-HAM, pihak perbankan dalam menjalankan kewenangannya agar upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara optimal, terintegrasi, dan bersinergi dengan baik," ungkap Agun.

Sempat terjadi interupsi saat Ketua DPR Bambang Soesatyo menanyakan persetujuan laporan yang dibacakan Agun. Erma Suryani Ranik, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat mengapresiasi laporan Pansus Angket KPK.

Meskipun fraksinya tak menjadi bagian dalam Pansus Angket KPK, Demokrat lanjut Erma tetap percaya dengan komitmen Pamsus Amgket KPK dalam memberikam rekomendasi.

"Karena itu atas nama fraksi Demokrat menyepakati kerja keras teman-teman meskipun tidak menjadi bagian dari Pansus Angket tapi kami percaya punya komitmen untuk melaksanakan rekomendasi," tutur Erma.

Ketua Fraksi PKS Jazilul Juwaini juga menyampaikan interupsinya. Sama seperti Demokrat yang tak menjadi bagian dalam Pansus Angket KPK, Fraksi PKS konsisten untuk memberikan pendapatnya terkait hasil kerja Pansus Angket KPK.

"Demi menjaga konsistensi dan komitmen, kami tidak setuju adanya pansus dan tidak mengutus dan tidak ikut membahas hal-hal di pansus angket. Karena itu, kami tidak akan beri pendapat," ujar Jazuli.

Bamsoet pun kembali menanyakan kepada para anggota DPR terkait persetujuan atas laporan dan rekomendasi Pansus Angket KPK.

"Laporan Panitia Angket DPR RI tentang

Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan KPK ini apakah bisa disetujui?" ujar Bambang yang diikuti dengan persetujuan oleh para peserta rapat paripurna.

"Setuju," jawab serempak para anggota.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini