nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua Panwaslu dan Komisioner KPU Garut Kena OTT, Deddy Mizwar: Apa Kata Dunia?

Oris Riswan, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 17:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 27 525 1865536 ketua-panwaslu-dan-komisioner-kpu-garut-kena-ott-deddy-mizwar-apa-kata-dunia-VIbE9TLCXO.jpg Deddy Mizwar (foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Heri Hasan Basri dan Komisioner KPU Kabupaten Garut Ade Sudrajat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Satuan Tugas Antipolitik Uang Bareskrim Polri.

Calon gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan penyimpangan bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja.

(Baca Juga: Polisi Dalami Dugaan Keterlibatan Ketua KPUD Terkait Kasus Suap Pilkada Garut)

"Artinya setiap penyimpangan itu bisa saja di mana pun terjadi. Tergantung oknumnya, sampai sejauh mana komitmennya (menjalankan tugas dengan baik," kata Demiz, sapaan akrabnya, Selasa (27/2/2018).

Berkaca dari hal itu, menurutnya jadi sebuah pelajaran bagi Panwaslu dan KPU dalam merekrut orang. Jangan sampai Panwaslu dan KPU diisi oleh orang yang salah dalam bekerja.

Sebab, selama ini Panwaslu dan KPU selalu menggaungkan ajakan untuk tidak melakukan politik uang. Sedangkan yang terjadi di Garut, politik uang justru melibatkan orang Panwaslu dan KPU.

"Ini cerminan yang tidak bagus, contoh yang tidak bagus. Apa yang diucapkan berbeda dengan apa yang dilakukan. Apa kata dunia?" sesal Demiz.

(Baca Juga: KPU Jabar Menjamin Kasus OTT Suap Tidak Pengaruhi Tahapan Pilkada Garut)

Diberitakan sebelumnya, Heri Hasan Basri dan Ade Sudrajat diduga telah menerima sejumlah hadiah berupa uang sekira Rp100 juta hingga Rp200 juta dan sebuah mobil dari salah satu calon Bupati Garut.

Mereka kini sudah ditahan oleh Polda Jawa Barat dan berstatus sebagai tersangka. Keduanya disangka melanggar Pasal 11 dan atau 12 undang-undang tentang tindak pidana korupsi atau Pasal 3 dan 5 undang-undang tentang tindak pidana pencucian uang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini