nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TKI yang Dianiaya di Hong Kong Sudah Diizinkan Pulang dari RS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 17:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 02 18 1867153 tki-yang-dianiaya-di-hong-kong-sudah-diizinkan-pulang-dari-rs-p4dFldjvG2.jpg Foto: capture Facebook.

HONG KONG - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengonfirmasi identitas tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengalami penganiayaan dan penyiksaan di Hong Kong sebagai Tri Wahyuni, seorang pekerja asal Jawa Timur.

BACA JUGA: TKI di Hong Kong Dipukuli Majikan dan Diancam Dibunuh

"Namanya Tri Wahyuni, pagi ini sudah divisum dan dirawat di Rumah Sakit Queen Elizabeth dan sudah diizinkan kembali," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan kepada media, Jumat (2/3/2018).

Iqbal mengatakan, saat ini Tri ditampung di fasilitas penampungan milik agen di Hong Kong dengan pendampingan dari Konsulat jenderal RI (KJRI) di Hong Kong.

"Sesuai izin dan aturan Hong Kong, sementara waktu Tri Wahyuni ditampung di fasilitas penampungan milik agency di Hong Kong. Namun demikian, KJRI juga ikut mendampingi," jelas Iqbal.

Seperti diberitakan sebelumnya, penganiyaan yang dilakukan oleh sang majikan terhadap Tri direkam dan disiarkan langsung oleh Tri melalui jejaring Facebook. Dalam video tersebut, seorang nenek yang merupakan majikan Tri terlihat memukuli dan memarahi Tri bahkan mengancam akan membunuhnya.

BACA JUGA: Nenek Penganiaya TKI di Hong Kong Ditangkap Polisi

Video tersebut segera viral dan telah ditonton sebanyak 800 ribu kali sejak diunggah pada 28 Februari lalu. Menyusul kejadian itu, polisi menahan majikan Tri, seorang perempuan berusia 79 tahun dengan tuduhan penyiksaan dan ancaman pembunuhan.

Namun, menurut informasi yang didapat, majikan Tri tersebut telah dibebaskan polisi setelah membayar uang jaminan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini