nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Irlandia Berikan Pengampunan Pada Seorang Pria 140 Tahun Setelah Dia Dihukum Gantung

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 05 18 1882429 irlandia-berikan-pengampunan-pada-seorang-pria-140-tahun-setelah-dia-dihukum-gantung-JxfWmDXvrD.jpg Myles Joyce dihukum gantung pada 1882. (Foto: National Library of Ireland)

DUBLIN - Seorang pria akhirnya dinyatakan tak bersalah dan diampuni atas kejahatan yang tidak dia lakukan, 140 tahun setelah dia dihukum gantung.

Myles Joyce dieksekusi pada Desember 1882 bersama dua orang lainnya atas tuduhan keterlibatan dalam pembunuhan brutal lima orang dari satu keluarga. Eksekusi tersebut dilaksanakan meski tersangka lainnya mengatakan bahwa Joyce tidak bersalah.

Sky News Kamis (5/4/2018) mewartakan, sekarang Joyce telah diberikan pengampunan secara anumerta oleh Presiden Irlandia, Michael D. Higgins. Ini adalah pengampunan pertama yang diberikan untuk kasus yang berasal dari masa pembentukan negara Irlandia.

Higgins menyebut kasus tersebut sebagai “episode memalukan dalam sejarah Irlandia dan Inggris”. Dia juga mengatakan bahwa pengampunan yang diberikan pada Joyce akan “mengoreksi catatan sejarah”.

Pada Agustus 1882, sebuah keluarga diserang di rumah mereka. Saat penyerangan berakhir, lima dari enam anggota keluarga tersebut tewas, dengan korban termuda berusia 14 tahun dan yang tertua berusia 80 tahun. Dinamakan menurut komunitas terpencil di Galway tempat insiden itu terjadi, pembantaian Maamtrasna menjadi pemberitaan di seluruh dunia saat itu.

Joyce, yang nama Irlandianya Maolra Seoighe, memiliki hubungan dengan beberapa anggota keluarga tesrebut, tetapi selalu ada keraguan tentang kesalahannya dan cara dia dihukum.

Terlepas dari pernyataan-pernyataan dari orang-orang yang bersalah bahwa Joyce tidak terlibat dalam pembunuhan, persidangan Joyce digelar dalam bahasa Inggris, bahasa yang tidak dimengerti oleh para pembicara Gaelik Irlandia.

Selain itu Ada juga pertanyaan tentang reliabilitas dari saksi mata yang diduga tetapi itu tidak cukup untuk menyelamatkan Joyce dari tiang gantungan.

Pada 2015, sebuah laporan yang diminta oleh Pemerintah Irlandia mengenai kasus tersebut menyimpulkan bahwa Joyce telah divonis bersalah.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini