nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negara Sahabat Kecam Serangan Bom Surabaya, Sampaikan Dukungan Pada Pemerintah Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 10:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 14 18 1897957 negara-sahabat-kecam-serangan-bom-surabaya-sampaikan-dukungan-pada-pemerintah-indonesia-It6v4XsK9D.jpg

SERANGAN bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya pada Minggu, 13 Mei yang menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 43 orang menimbulkan duka mendalam bagi rakyat Indonesia. Ucapan belasungkawa dan dukungan dari negara-negara sahabat pun berdatangan, memberikan dukungan dan ucapan belasungkawa pada Pemerintah Indonesia.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Indonesia dalam menghadapi aksi terorisme yang terjadi di Surabaya. Pernyataan Turnbull diikuti dengan ucapan belasungkawa dari Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop kepada keluarga para korban.

BACA JUGA: 5 Fakta Bom Bunuh Diri di Gereja Surabaya, Nomor 4 Mengejutkan

"Pemerintah Australia berdiri bersama Pemerintah Indonesia melawan serangan biadab terhadap sebuah pertemuan agama yang damai," kata Turnbull sebagaimana dikutip dari SBS pada Senin.

Pemerintah Iran melalui pernyataan yang disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah, Bahram Qasemi secara tegas mengecam aksi teror tersebut. Pemerintah Iran juga menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada Pemerintah Indonesia dan keluarga korban serangan teroris tersebut.

“Iran mengutuk langkah brutal yang dilakukan teroris yang dilakukan oleh individu mau pun kelompok yang dilakukan dengan dalih apa pun di seluruh dunia,” demikian pernyataan resmi Teheran yang disampaikan Qasemi.

“Satu-satunya cara untuk mengatasi aksi yang tidak berperikemanusiaan itu adalah dengan persatuan semua negara, baik regional mau pun internasional,” lanjutnya.

Sementara itu Amerika Serikat melalui perwakilannya di Indonesia menyatakan kecaman atas aksi biadab para teroris. Amerika Serikat menilai serangan teror ini adalah sebuah penghinaan bagi nilai toleransi yang dianut Indonesia.

BACA JUGA: Ledakan Kembali Terjadi, Kali Ini di Mapolrestabes Surabaya

“Amerika Serikat mengecam keras serangan terhadap tiga gereja di Surabaya. Serangan-serangan terhadap para jemaat yang damai ini merupakan penghinaan terhadap toleransi dan keragaman yang dianut oleh rakyat Indonesia. Amerika Serikat berdiri bersama rakyat Indonesia, dan kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga para korban.”

Kelompok militan ISIS melalui sayap medianya, Amaq telah menyatakan bertanggungjawab atas tiga serangan bom bunuh diri yang dilakukan oleh satu keluarga beranggotakan enam orang tersebut. Selain serangan yang terjadi di tiga gereja itu, Surabaya juga dihantam dua ledakan bom lain yang terjadi di sebuah rumah susun pada Minggu malam dan di Maporestabes Surabaya pada Senin pagi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini