Perbaikan Jembatan Babat Sudah 94%, Ditargetkan Selesai H-10 Lebaran

Avirista Midaada, Okezone · Senin 28 Mei 2018 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 28 519 1903698 perbaikan-jembatan-babat-sudah-94-ditargetkan-selesai-h-10-lebaran-WEQYb1g7CK.jpeg Perbaikan Jembatan Babat-Widang. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

TUBAN Jembatan Babat-Widang di bentang ketiga yang sempat roboh pada Selasa 17 April 2018 sudah dilakukan perbaikan dan kini memasuki tahap akhir penyelesaian bangunan. Hal itu sebagaimana dijelaskan Kepala Bidang Preservasi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 8 Surabaya Sodeli.

Ia mengungkapkan, sekarang jembatan sedang mengalami proses penulangan. Secara keseluruhan proses perbaikan jembatan yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo tersebut telah mencapai 94 persen.

"Penulangan sudah dikerjakan. Minggu kemarin jembatan dimulai proses pengecoran," ujarnya saat ditemui Okezone ketika meninjau perbaikan jembatan, Senin (28/5/2018).

(Baca: Kronologi Robohnya Jembatan Babat yang Tewaskan 1 Orang)

Perbaikan Jembatan Babat-Widang. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

Ia menambahkan, usai proses pengecoran, jembatan akan dilapisi aspal. Namun sebelum melakukan itu, jelas dia, bakal dipastikan terlebih dahulu jembatan dalam keadaan layak dan siap.

"Harus dipastikan jembatan layak dan siap dulu sebelum diaspal," jelas Sodeli.

Pihaknya menargetkan jembatan yang menjadi jalur utama menuju Pantura dari arah Surabaya ke Semarang ini dapat selesai diperbaiki pada H-10 Lebaran.

Jembatan Babat-Widang sendiri di sisi barat sendiri memiliki enam bentang dengan total panjang 260 meter. Ini merupakan bagian dari Jembatan Babat-Widang lama yang dibangun sejak 35 tahun lalu.

(Baca: Bidik Tersangka Kasus Robohnya Jembatan Babat, Polri Gandeng Komite Keselamatan Konstruksi)

Sebagaimana diketahui, pada Selasa 17 April 2018, bentang ketiga sisi barat Jembatan Babat-Widang roboh dan membuat satu dump truck, dua truk trailer, dan satu sepeda motor terjatuh ke Sungai Bengawan Solo. Akibatnya, satu sopir truk tewas seketika di lokasi kejadian.

Sejak saat itu arus lalu lintas dialihkan menuju Jembatan Widang-Babat baru yang tepat berada di sisi timur dan melalui beberapa jalur alternatif lainnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini