Najib Razak Hadapi Persidangan, Istrinya Terlihat Tinggalkan Rumah di Tengah Malam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 10:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 04 18 1917626 najib-razak-hadapi-persidangan-istrinya-terlihat-tinggalkan-rumah-di-tengah-malam-5Dp9P2ur7G.jpg Mantan PM Malaysia, Najib Razak di kompleks pengadilan di Jalan Duta, Kuala Lumpur, 4 Juli 2018. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak akan menghadapi persidangan hari ini, Rabu, 4 Juli. Pria berusia 64 tahun itu telah dibawa ke Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur dengan pengawalan ketat kepolisian.

Namun, meski anak dan menantu Najib terlihat di persidangan, tidak demikian dengan istri Najib, Datin Seri Rosmah Mansoor. Wanita keturunan Minang itu dilaporkan telah meninggalkan rumahnya di Jalan Langgak Duta, Kuala Lumpur pada Rabu lewat tengah malam.

BACA JUGA: Najib Razak Hari Ini Hadapi Dakwaan di Pengadilan Kuala Lumpur terkait Kasus 1MDB

Berdasarkan laporan The Star, Rabu (4/7/2018), sebuah van putih berjendela gelap terlihat meninggalkan rumah Najib pada Rabu pukul 12.05 tengah malam. Van putih itu terlihat pergi dengan sebuah van lain yang berwarna hitam. Tidak diketahui kemana tujuan kedua van tersebut.

Najib Razak yang muncul di pengadilan dengan mengenakan setelan biru dituntut dengan tiga tuduhan kriminal penyalahgunaan kepercayaan dan satu tuntutan penerimaan suap dengan memanfaatkan posisinya. Dia tidak memberikan pembelaan dalam setelah tuntutan dibacakan dan hanya mengangguk menyatakan bahwa dia mengerti atas tuntutan yang dijatuhkan.

Putri Najib, Nooryana Najwa dan suaminya, Daniyar Kessibayev serta putra Najib, Norashman terlihat di pengadilan. Namun, tidak ada laporan mengenai kemunculan sang istri, Rosmah Mansoor.

Tuntutan terhadap Najib tersebut berkaitan dengan pemindahan dana sebesar RM42 juta (sekira Rp150 miliar) dari SRC International, sebuah perusahaan bekas unit 1MDB ke rekening Najib. Dana itu diyakini sebagai sebagian dari uang yang hilang dari 1MDB sejak 2011 sampai 2015.

BACA JUGA: PM Malaysia dan Istri Habiskan Rp200 M untuk Barang Mewah

Kasus skandal korupsi 1MDB mulai menarik perhatian pada 2015 ketika badan investasi itu mulai tidak bisa membayar utang kepada bank dan investasi lainnya. Media Amerika Serikat, Wall Street Journal kemudian mengangkat kasus ini ke permukaan setelah melaporkan adanya aliran dana sebesar USD700 juta ke rekening Najib.

Najib dan keluarganya telah berulangkali membantah tuduhan tersebut dan menyatakan tidak bersalah dalam kasus 1MDB. Namun, setelah dia kalah dalam pemilihan umum Mei lalu, perdana menteri Malaysia yang baru, Mahathir Mohamad membuka kembali penyelidikan kasus tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini