nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Sidang Pembunuhan Kim Jong-nam, Pengacara Yakin Siti Aisyah Akan Bebas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 18 1920951 jelang-sidang-pembunuhan-kim-jong-nam-pengacara-yakin-siti-aisyah-akan-bebas-FUmEJkLQa6.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Menjelang sidang pembunuhan Kim Jong-nam yang akan menentukan nasib Siti Aisyah bulan depan, Pengacara Gooi Soon Seng menyatakan yakin kliennya tidak akan perlu melakukan pembelaan. Menurutnya, bukti-bukti yang telah diajukan jaksa penuntut sampai saat ini lemah dan tidak cukup untuk melanjutkan kasus tersebut ke tahap berikutnya.

Siti Aisyah dan warga negara Vietnam Doan Thi Houng dituduh melakukan pembunuhan terhadap warga negara Korea Utara (Korut), Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 13 Februari 2017. Kim Jong-nam yang merupakan saudara tiri dari Pemimpin Korut, Kim Jong-un tewas setelah terpapar zat syaraf berbahaya VX yang diduga dilumurkan oleh kedua wanita itu.

Siti Aisyah menyatakan dirinya tidak bersalah dan hanya melakukan syuting acara prank atau iseng tanpa mengetahui tindakannya akan berujung pada kematian Kim Jong-nam. Dia dan Doan diduga dimanfaatkan sebagai kambing hitam oleh pihak lain dalam kasus ini.

“Secara pribadi saya percaya bahwa pada 16 Agustus, Siti Aisyah akan dinyatakan tidak ada cukup bukti (untuk melanjutkan persidangan),” kata Gooi.

 Pembunuh

Menurut Gooi, bukti-bukti yang diajukan oleh jaksa penuntut hanya berdasarkan keadaan saja dan tidak menunjukkan siapa yang membunuh Kim Jong-nam. Bukti yang diajukan hanya berdasar pada rekaman kamera pengawas (CCTV) yang kurang kuat.

Gooi menyebutkan ada setidaknya lima keanehan dalam bukti-bukti yang diajukan jaksa untuk menuntut Siti Aisyah atas pembunuhan Kim Jong-nam.

Beberapa keanehan itu terkait bukti-bukti yang didapat dari rekaman kamera CCTV, penyataan saksi, sampai bukti terkait penggunaan zat VX yang didapat dari Siti Aisyah. Gooi juga menambahkan bahwa tingkah laku yang ditunjukkan Siti Aisyah sebelum dan sesudah kejadian konsisten dengan tindakan orang yang tidak bersalah.

Karena itulah, Gooi mengatakan bahwa dia yakin sidang mendatang tidak akan dapat membuktikan bahwa kasus ini prima facie. Prima facie menujuk kepada bukti-bukti yang kecuali dibantah akan cukup untuk membuktikan tanpa keraguan, tuntutan terhadap tersangka.

“Saya yakin bahwa dia (Siti Aisyah) akan dibebaskan,” ujarnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini