Serangan Udara Koalisi Saudi ke Rumah Sakit Yaman Tewaskan 26 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Agustus 2018 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 03 18 1931273 serangan-udara-koalisi-saudi-ke-rumah-sakit-yaman-tewaskan-26-orang-vzob9z9DoC.jpg Foto: Reuters.

HODEIDAH - Serangan udara yang dilancarkan koalisi pimpinan Arab Saudi di daerah sekitar rumah sakit di Hodeidah, Yaman telah menewaskan sedikitnya 26 orang. Serangan tersebut juga menghancurkan sebuah ambulans yang sedang memasuki gerbang rumah sakit saat serangan terjadi.

Laporan Reuters, Jumat (3/8/2018) yang mengutip sumber medis setempat menyebutkan, 26 orang tewas dan 35 lainnya mengalami luka-luka akibat dua serangan dalam serangan pasukan koalisi ke pelabuhan Hodeidah dan pasar ikan di dekatnya. Jurnalis lokal Ahmad Algohbary mengatakan, rumah sakit menjadi target saat para korban dari serangan di pasar ikan dibawa ke sana.

Koalisi pimpinan Saudi membantah berada di balik serangan ke rumah sakit tersebut dan menyalahkan kelompok Houthi. Juru Bicara Koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki mengatakan kepada TV Al Arabiya bahwa pesawat tempur koalisi tidak melakukan penyerangan di daerah itu.

Sementara Juru Bicara Kementerian Kesehatan Yaman, Youssef al-Hadri menyebut serangan udara itu sebagai “kejahatan perang” . Berdasarkan hitungan kementerian tersebut, 52 korban tewas dalam serangan udara itu dan lebih dari 101 lainnya luka-luka.

Pelabuhan Hodeidah adalah saluran utama untuk pasokan ke Yaman, di mana sekitar 8,4 juta orang diyakini berada di ambang kelaparan. Kota tersebut dikepung oleh pasukan koalisi pimpinan Saudi yang berusaha mengembalikan presiden Abd Rabbo Mansour Hadi yang terusir ke tampuk kekuasaan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini