nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Tegaskan Isu Lombok Akan Gempa 6,9 SR Hoaks

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 13 337 1935750 bmkg-tegaskan-isu-lombok-akan-gempa-6-9-sr-hoaks-5lkeKAhN7C.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa informasi yang beredar di media sosial bahwa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tersimpan energi gempa bermagnitudo 6,9 adalah kabar bohong alias hoaks.

“Informasi dalam laman Facebook tersebut bukan merupakan hasil kajian BMKG. Pemilik akun Facebook tersebut juga bukan pegawai BMKG,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis diterima Okezone, Rabu (13/8/2018).

Masyarakat Lombok kini resah viralnya screen shot atau tangkapan layar laman Facebook dari seorang peneliti gempa yang menyebutkan bahwa di Lombok masih tersimpan energi gempa sebesar M=6,9 yang belum rilis/lepas.

Rahmat menyebutkan banyak warga masyarakat dari berbagai lapisan menanyakan kepada BMKG mengenai kebenaran informasi tersebut, sehingga pihaknya perlu menjelaskan bahwa itu bukan informasi resmi dari BMKG.

 

Bangunan roboh akibat gempa 7 SR di Lombok (Putera/Okezone)

“Hasil kajian tersebut tidak menyebutkan sumber data yang digunakan dan metode analisis yang digunakan, sehingga BMKG tidak dapat menilai tingkat kebenaran dan akurasi kajian tersebut,” ujar Rahmat.

BMKG menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat (kapan, dimana, dan berapa kekuatannya).

“Pastikan informasi terkait gempa bumi bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya kepada informasi viral yang tidak bersumber dari lembaga yang berwenang.

Masyarakat dihimbau untuk terus mengupdate informasi BMKG melalui aplikasi android dan iOS "Info BMKG", Twitter @infoBMKG dan website BMKG http://www.bmkg.go.id.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini