nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB: Kebakaran di Gunung Sumbing Makin Besar, Terdeteksi 4 Titik Api

Hantoro, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 16 512 1951165 bnpb-kebakaran-di-gunung-sumbing-makin-besar-terdeteksi-4-titik-api-ocRKyvjC9d.jpg Kebakaran di Gunung Sumbing yang makin besar. (Foto: @Sutopo_PN)

JAKARTA –Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menginformasikan bahwa kebakaran hutan di Gunung Sumbing di Jawa Tengah makin besar. Kondisi tersebut diketahui berasal dari empat titik api yang terdeteksi juga makin membesar.

Sutopo menjelaskan, penyebab semakin menyebarnya api di Gunung Sumbing diakibatkan embusan angin yang kencang. Petugas yang berada di sana pun segera memberi penanganan, seperti pemadaman dari darat dan udara.

"Kebakaran hutan dan semak di Gunung Sumbing makin membesar. Ada 4 titik api yang makin membesar pada 16/9/2018 pukul 12.00 WIB. Pemadaman dari udara dan darat dilakukan. Angin kencang menyebabkan api cepat menyebar," tulis @Sutopo_PN, seperti dinukil Okezone, Minggu (16/9/2018).

Sebelumnya, pasukan gabungan TNI-Polri beserta petugas BPBD Wonosobo terus berjibaku memadamkan api yang melahap kawasan hutan dan lahan di Gunung Sumbing. Medan terjal serta curam menjadi penghambat petugas menjinakkan amukan si jago merah.

Kerasnya medan membuat proses pemadaman api hanya bisa dilakukan secara manual yakni menggunakan kayu dan dedaunan. Sementara armada mobil pemadam kebakaran tidak bisa menembus lokasi karena tak ada akses jalan.

"Kesulitan memadamkan api di gunung karena kondisi alam yang tidak bersahabat. Angin cukup kencang, dingin, dan banyak jurang yang dalam. Jadi, kami harus berhati-hati agar tidak jatuh terperosok," ungkap Kepala Bagian Operasional Polres Wonosobo Kompol Sutomo, Jumat 14 September 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini