nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan di California Korban Bertambah Jadi 44 Orang, Ratusan Hilang

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 20:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 18 1977427 kebakaran-hutan-di-california-korban-bertambah-44-orang-ratusan-hilang-ngFBD3KaCy.jpg Kebakaran Hutan California (VoAIndonesia)

CALIFORNIA - Sebelumnya, 42 orang tewas akibat kebakaran hutan yang berkecamuk di California Utara, dan kembali bertambah 2 orang menjadi 44 korban. Hal ini membuat ini menjadi kebakaran hutan yang paling banyak menelan korban dalam sejarah California.

Pihak berwenang menyatakan ratusan orang lagi belum diketahui keberadaannya, empat hari setelah apa yang disebut "Camp Fire" melalap kota Paradise.

 Baca juga: 42 Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan Terburuk dalam Sejarah California

“Ini peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Sherif Butte County Kory Honea kepada wartawan.

“Jika Anda berada di sana, Anda akan tahu dahsyatnya situasi yang kami hadapi, dan saya ingin mengumpulkan sebanyak mungkin jasad secepatnya karena saya tahu akibatnya pada orang-orang yang tidak tahu apa yang terjadi pada orang-orang yang mereka cintai.”

Kebakaran hutan (VoaIndonesia)

 Baca juga: WNI Diminta Waspada Pascakebakaran di California

Di negara bagian yang luas di tepian Samudra Pasifik itu, kata para pejabat, 150 ribu warga telah mengungsi sementara angin kencang dan kondisi kering semakin mengobarkan api yang telah menghanguskan lebih dari 1.000 kilometer persegi lahan hutan, permukiman warga dan kawasan bisnis.

Dua kebakaran yang lebih kecil di California Selatan telah menewaskan dua orang.

Para peramal cuaca memperingatkan kondisi iklim kering dan berangin yang memicu kebakaran akan terus terjadi setidaknya hingga Selasa. Hujan yang dapat membantu petugas mendapatkan momentum dalam memadamkan api diperkirakan belum akan terjadi setidaknya dalam sepekan ini di bagian lain California.

 Baca juga: Kebakaran Hutan California: 9 Orang Tewas dan Lebih dari 150 Ribu Dievakuasi

Gubernur California Jerry Brown menetapkan situasi darurat dan meminta bantuan finansial dari pemerintah federal di Washington.

Senin malam, Presiden Donald Trump menyatakan kebakaran tersebut sebagai “bencana besar,” membuka dana federal bagi mereka yang terimbas kebakaran.

Akhir pekan lalu, Trump telah mengancam akan menghentikan bantuan pemerintah untuk California karena apa yang ia sebut manajemen hutan yang buruk di negara bagian yang paling banyak penduduknya di Amerika Serikat itu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini