nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun Ini Sudah 227 Kucing Jantan di Jakarta Timur Dikebiri

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 13:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 15 338 1978208 tahun-ini-sudah-227-kucing-jantan-di-jakarta-timur-dikebiri-JTkqe6u1v3.jpg Kucing jantan di Jakarta Timur dikebiri. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan program kastrasi atau kebiri bagi kucing jantan bertujuan menekan populasi hewan tersebut yang terus meningkat.

"Kalau sudah dikastrasi itu kucing jadi gemuk, jadi cakep, enggak 'nakal' ke mana-mana. Kucing dalam setahun tiga kali minta kawin. Setelah puas kawin, baru dia balik," jelas Irma kepada Okezone, Kamis (15/11/2018).

(Baca juga: Berantas Rabies, 132 Kucing Jantan di Jaktim Dikebiri)

Ia mengungkapkan, seekor kucing bisa kawin sebanyak tiga kali dalam setahun dan melahirkan empat anak. Jika dikalikan satu tahun, maka satu ekor kucing bisa menghasilkan 12 anak.

"Itu baru dari satu ekor kucing lho ya. Ini juga untuk menekan populasi kucing," imbuh Irma.

Di Jakarta Timur, program kebiri bagi kucing jantan sudah dua kali dilaksanakan. Pertama pada Mei 2018, sebanyak 95 kucing dikebiri. Kedua pada November 2018, sebanyak 132 kucing dikebiri. Dengan demikian total kucing yang sudah dikebiri sebanyak 227 ekor.

"Nah yang kedua ini lebih banyak," ungkap Irma.

Guna mempertahankan program Jakarta Bebas Rabies, Sudin KPKP mempunyai tiga kegiatan. Pertama, vaksinasi rabies massal tiap tahun; kedua, penangkapan kucing dan anjing liar atau yang tidak berpemilik; dan ketiga, kastrasi atau kebiri.

(Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini yang Wajib Diketahui tentang Kebiri Hewan Peliharaan)

Syarat kucing yang dapat dikastrasi harus mempunyai pemilik. Selain itu, pemiliknya harus ber-KTP DKI dan kucingnya harus terlebih dulu mendapatkan vaksin rabies.

Sudin KPKP Jakarta Timur sendiri sebelumnya telah menggelar kastrasi atau kebiri terhadap 132 kucing jantan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Rabu 13 November 2018.

Masyarakat menyambut antusias kegiatan ini karena gratis. "Kalau di dokter hewan di atas 500 (Rp500 ribu). Kalau di kita gratis," tutur Irma.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini