KPU Sosialisasikan Mekanisme Pemilu 2019

Gimas Siskamayanti, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 20:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 605 1984199 kpu-sosialisasikan-mekanisme-pemilu-2019-hRlzwmNrMS.jpg Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: Fakhri Rezy/Okezone)

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bidang Sosialisasi Pemilu, Wahyu Setiawan, menjelaskan tentang mekanisme pemilihan umum yang akan dilakukan serentak di Indonesia di 2019. Menurut dia, pemilu kali ini akan berbeda dengan sebelumnya karena menggabungkan pemilihan presiden dan legislatif di waktu yang sama.

“Nanti pemilih akan dibagikan 5 surat suara, meliputi surat suara pemilihan Capres-Cawapres, DPR RI, DPD, DPRD Kabupaten/Kota dan partai politik,” kata Wahyu usai diskusi terkait “Dinamika Pemilu Serentak Tahun 2019” di Gedung iNews Center, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Baca juga:  Soal Pemilih Disabilitas Mental di Pemilu 2019, KPU: Dokter yang Berhak Menentukan!

Dia menambahkan, berdasarkan hasil simulasi pencoblosan yang dilakukan pada 16 April 2018, setiap pemilih diperkirakan hanya menghabiskan waktu selama 6 menit tanpa antre di bilik suara atau Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 Komisioner KPU bidang Sosialisasi Wahyu Setiawan (Foto: Fakhri Rezy/Okezone)

“Idealnya 300 pemilih tiap TPS dengan waktu 6 menit tanpa antre, jika lebih dari target yang sudah ditentukan, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama,” tegasnya.

 Baca juga: Caleg Perindo Belanja di Pasar Tradisional Solo: Rp50 Ribu Bisa Dapat Ayam dan Telur

Wahyu juga menjelaskan, ada perbedaan antara pemilih di dalam dan luar negeri. Mereka, para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri hanya mendapatkan dua lembar surat suara pada Pemilu 2019 mendatang.

“Di luar negeri, WNI hanya diberikan 2 lembar surat suara, yakni pemilihan presiden dan DPR RI,” ujarnya.

 Baca juga; Prabowo Klaim Sudah Siapkan Strategi Besar untuk Swasembada Pangan

Sementara itu dalam hal penghitungan untuk 5 jenis surat suara, dirinya mengatakan, penghitungan suara butuh 10 menit untuk tiap jenisnya.

“Jadi agak susah untuk selesai dalam satu hari dalam hal pemilu 2019,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini