nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Sebut Habib Bahar Belum Ditahan

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 00:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 337 1987895 jadi-tersangka-kuasa-hukum-sebut-habib-bahar-belum-ditahan-xZoqOBqriQ.jpg Habib Bahar bin Smith. (Foto: Ist)

JAKARTA – Habib Bahar bin Smith telah ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Penetapan status ini diungkapkan oleh salah satu kuasa hukum Habib Bahar, Azis Yanuar, usai kliennya menjalani pemeriksaan selama hampir 11 jam.

Meski sudah ditetapkan tersangka, kata Azis, polisi belum melakukan penahanan terhadap ulama kelahiran Manado, Sulawesi Utara, itu. Penyidik, lanjut dia, mempersilakan Habib Bahar keluar terlebih dulu sekira pukul 22.30 WIB.

(Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Habib Bahar Ditetapkan Tersangka Setelah 11 Jam Diperiksa)

"Tadi Habib sudah duluan karena ada keperluan. Alhamdulillah belum (ditahan)," ujar Azis di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 6 Desember 2018.

Azis menduga ada beberapa hal alasan penyidik tidak menahan Habib Bahar, di antaranya tidak akan melarikan diri dan diyakini tak akan menghilangkan barang bukti. Namun soal kepastian alasan belum ditahan, Azis dan kuasa hukum lainnya meminta menanyakannya kepada penyidik.

"Itu objektif. Bisa ditanyakan ke penyidik," jelas dia.

Azis dan tim kuasa hukum tak mau berandai-andai bila Habib Bahar ditahan oleh penyidik Bareskrim Polri. Ia berharap penuh agar kliennya tersebut tak ditahan.

"Mudah-mudahan enggak. Insya Allah enggak," tegasnya.

(Baca juga: Polri Diminta Tegas Tangani Kasus Habib Bahar)

Ia mengatakan, penyidik menetapkan tersangka Habib Bahar dengan sejumlah pasal. Di antaranya adalah Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf (a) ke-2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 45 juncto Pasal 28 Ayat (2) UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan Pasal 207 KUHP.

Namun, penetapan status tersangka ini hingga kini belum diungkapkan secara resmi oleh pihak kepolisian.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini