nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Kaligawe Belum Surut, Laju Kendaraan Hanya 5 Km/Jam

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 11 512 1989565 banjir-kaligawe-belum-surut-laju-kendaraan-hanya-5-km-jam-iv9jxqujKG.JPG Banjir di Jalur Pantura Kaligawe, Semarang belum surut (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG – Banjir di jalur pantura Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah belum juga surut. Imbasnya arus lalu lintas menjadi tersendat, di mana kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan 5 kilometer per jam.

Lambatnya laju kendaraan lantaran mereka harus menerobos genangan air setinggi 50 centimeter. Polantas pun dipaksa kerja keras mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah.

“Arus lalu lintas terpantau padat merayap yang disebabkan genangan air setinggi sekira 40-50 centimeter di Jalan Kaligawe tepatnya di simpang Kecamatan (Genuk) lama,” kata Kanit Lantas Polsek Genuk, AKP Subroto, Selasa (11/12/2018).

Banjir Kaligawe

Banjir terus menggenang karena tak hanya disebabkan tingginya curah hujan, namun juga imbas dari gelombang pasang air laut. Kondisi ini diperparah dengan buruknya drainase. Sungai di tepi jalan tak lagi bisa menampung gelontoran air hingga meluber ke jalanan.

Dominasi kendaraan yang melintasi jalur ini ialah truk-truk besar. Sementara mobil-mobil pribadi dan kendaraan roda dua dari arah Demak menuju Semarang dialihkan ke Jalan Wolter Wonginsidi hingga Pedurungan.

“Anggota kami melakukan pengalihan arus ke Jalan Wolter Monginsidi untuk dari arah Demak. Dari arah Semarang kita alihkan untuk melewati tol, karena jalan tidak bisa dilalui atau kecepatan hanya 5 kilometer per jam,” terangnya.

Banjir Kaligawe

Polsek Genuk juga berkoordinasi dengan Satlantas Polres Demak untuk mengalihkan arus lalu lintas ke jalur pantura ke jalan-jalan alternatif. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang masuk ke jalur pantura Kaligawe.

“Untuk antisipasi kemacetan kita koordinasi dengan Satlantas Polres Demak untuk pengalihan arus mulai dari Karang Tengah menuju Karangawen. Onggorawe menuju Ratan Cilik,” pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini