nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diguyur Hujan Deras, Berikut 4 Titik Lokasi Longsor di Tapanuli Utara

Robert Fernando H Siregar, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 23:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 11 608 1989977 diguyur-hujan-deras-berikut-4-titik-lokasi-longsor-di-tapanuli-utara-hAR5GxNqwo.jpg Lokasi Longsor di Sumatera Utara (Foto: Robert/Okezone)

TAPANULI UTARA - Intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara, menyebabkan longsor di sejumlah wilayah. Namun, ada empat titik utama yang menjadi perhatian, yakni Hitetano Kecamatan Sipahutar, kawasan Salib Kasih Kecamatan Siatas Barita, Jalan Lintas Sumatera Tarutung menuju Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan persisnya di Simasom Kecamatan Pahae Julu, Taput dan Sisoding Kecamatan Parmonangan Taput.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Taput, Ir Anggiat Rajagukguk menerangkan, hujan lebat yang mengguyur pada Senin 10 Desember 2018 itu, mengakibatkan dinding tebing longsor hingga badan jalan tertimbun material longsoran berupa tanah, bebatuan, dan pepohonan.

"Kita telah menurunkan sejumlah alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutupi badan jalan, agar jalur lalu lintas segera kembali lancar. Selasa 11 Desember 2018, dua unit alat berat telah dioperasikan untuk mengevakuasi material longsor," terang Anggiat kepada Okezone, Selasa (11/12/2018).

Longsor

Baca Juga: 16 Korban Longsor Pemandian di Karo Merupakan Mahasiswa Asal Medan

Lebih lanjut, Anggiat menjelaskan evakuasi material longsor dilakukan secara marathon, agar lalu lintas dari Kecamatan Tarutung - Kecamatan Sipahutar dan Jalan Lintas Sumatera Tarutung menuju Sipirok Tapanuli Selatan, menjadi sasaran penanganan pertama.

"Guna mengantisipasi terjadinya bencana akibat tingginya curah hujan saat ini, pihaknya telah menyiagakan seluruh alat berat yang dimiliki Pemkab Taput selama 24 jam untuk dapat segera diterjunkan dalam menangani dampak bencana bakal terjadi," pungkas Anggiat. 

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini