Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sangihe Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Subhan Sabu, Okezone · Sabtu 05 Januari 2019 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 05 340 2000271 gempa-magnitudo-5-3-guncang-sangihe-sulut-tak-berpotensi-tsunami-w36fs6DxLl.jpg ilustrasi (Shutterstock)

SANGIHE – Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,3 yang terjadi pukul 09.04 Wita, Sabtu (5/1/2019).

Lokasi gempa berada di koordinat 4,32 Lintang Utara (LU) dan 126,18 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah barat laut Kota Melonguane, Kepulauan Talaud, pada kedalaman 120 km.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henrry Mengko mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat deformasi batuan pada Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,3," ujar Mengko, Sabtu (5/1/2019).

Ilustrasi (Shutterstock)

Hasil analisis mekanisme sumber, menurut Mengko, menunjukkan gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Sangihe dengan skala intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Kepaka Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rivo Pudihang mengatakan, suasana di Sangihe ada yang merasakan gempa, tapi ada juga yang tidak karena waktunya sangat singkat.

(Baca Juga : Gempa 5,1 SR Guncang Maluku Utara, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami)

"Keadaan masyarakat tidak terpengaruh dengan gempa. Info kerusakan maupun korban sampai saat ini belum ada," ujar Rivo.

Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkas Mengko.

(Baca Juga : Gempa 5,0 SR Guncang Sumba Barat Daya NTT, Tak Berpotensi Tsunami)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini